Moonbin ASTRO Diduga Bunuh Diri, Apa Hukum Bunuh Diri Dalam Islam?

Moonbin Astro
Sumber :
  • Instagram

OlretMoonbin ASTRO meninggal dunia di usia 25 tahun. Banyak AROHA yang merasa kehilangan dari orang yang ceria dalam boy band ASTRO tersebut.

Girl From Nowhere Season 2 Episode 3, Minnie and the Four Bodies

Namun yang paling mengejutkan adalah Moonbin diduga bunuh diri. Media hiburan Korea Soompi juga mengabarkan bahwa dia diduga bunuh diri berdasarkan keterangan polisi setempat.

Sebenarnya apa hukum bunuh diri dalam islam?

Dalam kajian Kajian Tahlîlî QS. Al-Nisâ’/4: 29-30 yang ditulis oleh Imam Zarkasyi Mubhar yang melakukan penelitian dengan judul "Bunuh Diri Dalam Alquran"

Sayangi dan Cintai Kedua Orang Tuamu, Sebelum Ajal Memisahkannya

Dalam penelitiannya menyebutkan, salah satu hal yang dijelaskan dalam al-Qur‟an adalah masalah kehidupan dan kematian. Al-Qur‟ân menegaskan bahwa Allah swt. adalah Tuhan yang menganugerahkan hidup dan menentukan mati, sebagaimana disebutkan dalam QS Al-Nahl/16: 70 yang berbunyi:

وَاللّٰهُ خَلَقَكُمْ ثُمَّ يَتَوَفّٰىكُمْ وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْ لَا يَعْلَمَ بَعْدَ عِلْمٍ شَيْـًٔاۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ قَدِيْرٌ ࣖ

Berpikirlah Positif, Sehingga Melihat Banyak Kebaikan Di Sekitarmu

“Allah menciptakan kamu, kemudian mewafatkan kamu, dan diantara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun) supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi maha kuasa” (Kemenag RI, 2011: 274).

Halaman Selanjutnya
img_title