Membersihkan Telinga dapat membatalkan Puasa, benarkah?

Membersihkan Telinga dapat membatalkan Puasa, benarkah
Sumber :
  • u-report

Olret – Membersihkan Telinga dapat membatalkan Puasa, benarkah? Bulan ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh setiap umat muslim di seluruh dunia.

Only Boo! Series Episode 3 : Pertengkaran Sahabat dan Jatuh Cinta

Setiap orang pasti menginginkan kesempurnaan ibadah dalam bulan suci Ramadhan, termasuk dengan menghindari hal-hal yang dapat membatalkan puasa seperti makan dan minum serta haid atau nifas bagi wanita

dan berhubungan badan bagi pasangan suami istri. Berpuasa adalah proses melatih diri dari godaan nafsu seperti menahan makan, minum, maupun menahan amarah atau emosi.

Minat Jadi Penyelenggara Pilkada Serentak 2024? Ini Tahapan Pendaftaran PPK dan PPS

Namun dalam menjalankan puasa di bulan ramadhan, ada pula hal lain yang masih menjadi pertanyaan banyak umat Islam mengenai boleh tidaknya melakukan hal tersebut selama menjalankan ibadah puasa, seperti membersihkan telinga dan hidung pada saat berpuasa.

Bagaimana Hukum Membersihkan Telinga Saat Puasa?

Dalam menjalankan ibadah puasa, setiap perbuatan yang dianggap dapat membatalkan puasa haruslah mempunyai dalil yang kuat terkait dengan hal yang dikhawatirkan tersebut, baik itu bersumber dari hadist maupun Al Qur’an.

5 Fakta Faii Sumitta Duangkaew, Indigo di Something in My Room

Jika sebuah hal yang dikaitkan dengan hukum batal atau tidaknya sebuah ibadah namun tidak memiliki dalil yang kuat di dalamnya, maka hukum tersebut tidak berlaku.   

Halaman Selanjutnya
img_title