Viral Kawasan Konservasi Ranca Upas Rusak, Akibat Komunitas Trail Adventure

Kawasan Ranca Upas rusak
Sumber :
  • Instagram @pendakilawas

Olret – Jagad media sosial kembali heboh dengan hal yang membuat para pencinta alam dan lingkungan menjadi geram. Bermula dari video TikTok yang diunggah oleh akun @peek_a_boo22, kreator membagikan momen saat ia bersama teman-temannya sedang asik camping santai yang berlokasi di Ranca Upas, Ciwidey, Bandung. Kemudian tiba-tiba ratusan motor trail dari komunitas Trail Adventure 2023, datang berbondong-bondong memasuki camp area Ranca Upas. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 5 Maret 2023.

Viral! 3 Tahun Tak Bisa Move On, Akhirnya Dilamar Mantan Pacar Juga

Kawasan Ranca Upas rusak

Photo :
  • @pendakilawas

"Lagi santai, tiba-tiba didatangi ratusan motor trail. Awalnya lucu, menikmati nonton (motor trail) sambil makan kacang. Lama-kelamaan makin banyak (motor trail) dan tanahnya loncat-loncat ke tenda. Ya udah kita pindah tenda aja. Ternyata banyak lapak camp jadi rusak karena motor trail. Ya udah kita lanjut nonton dari kejauhan. Nontonnya jangan lupa sambil makan."

Viral! Pacaran 11 Tahun Tak Menjamin Berjodoh, Pria Ini Ditinggal Menikah Pacarnya

Begitu bunyi caption dalam video yang diunggah oleh kreator TikTok tersebut. Karena hal demikian, mengundang atensi bukan hanya dari netizen, tetapi juga membuat para pencinta alam dan lingkungan menjadi geram.

Pasalnya Ranca Upas bukan hanya sekedar area camping atau tempat wisata, tetapi juga sebagai kawasan konservasi, terlebih menjadi habitat Edelweis Rawa yang statusnya hampir langka dan dilindungi. Akibat kegiatan komunitas motor trail tersebut, kini Ranca Upas yang semula indah menjadi rusak. Tanah yang semula rumput hijau, menjadi seperti kubangan lumpur.

Niat Nagih Hutang, Nasib Karyawan PNM Ini Malah Dianiaya Nasabahnya

Panitia sebagai penyelenggara dan PERHUTANI beserta pemangku kebijakan setempat sebagai pemberi izin acara, dimintai pertanggungjawabannya. Pencinta alam dan lingkungan menuntut bukan hanya sekedar meminta maaf lalu urusan selesai.

Sampai berita ini viral, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) masih mendalami kasus komunitas trail yang merusak Edelweis Rawa di kawasan konservasi Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Halaman Selanjutnya
img_title