Simak! Begini Cara Mengkritik Pasangan Tanpa Menyakiti Perasaannya.

Kritik Pasangan Tanpa Menyakiti
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Jarang ada individu yang senang diberikan kritikan, karena bisa saja mereka pernah mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan dari kritikan yang diterima – sering disebut "Kritikan Permusuhan".

Tetapi, bagaimana dalam hubungan dengan pasangan? Kritikan bisa menjadi bagian nomal dari hubungan, karena kita bisa saja tidak akan setuju dengan sesuatu yang pasangan lakukan atau pikirkan. Sehingga, kita mungkin harus memberikan umpan balik kepada pasangan karena apa yang dilakukan bisa berdampak negatif pada hubungan.

Banyak pertanyaannya; “Bagaimana saya bisa memberikan umpan balik pada pasangan, sambil tetap memperhatikan perasaannya agar tidak terluka?”

Salah satunya dengan belajar memberikan kritik yang membangun atau sering disebut juga kritikan yang positif, yang kemungkinan besar akan lebih mudah diterima oleh pasangan. Kritikan yang membangun memiliki ciri antara lain tidak mengancam, menghindari menyalahkan, memberikan informasi spesifik dan menggunakan nada perhatian pada seseorang. Fungsi dari kritik yang membangun adalah sebagai bentuk umpan balik dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan suatu hubungan.

Jaga hubungan agar fresh

Jaga hubungan agar fresh

Photo :
  • freepik.com

Lalu, bagaiman cara memberikan kritik kepada pasangan tanpa menyakiti perasaannya? Menurut pakar psikologi Irma Gustiana A, berikut cara yang dapat kamu lakukan:

1. Sampaikan kesalahannya, bukan menghakimi dan menyerang pribadinya. Misalnya dengan mengatakan;"Saya kecewa karena (apa yang sudah dilakukannya)..." bukan dengan mengatakan "Kamu memang keras kepala, tidak bisa ngertiin aku.."