Kominfo Blokir 3.104 Nomor HP di 2023, Laporkan Penipuan Melalui Web Ini

Ilustrasi Nomor Ponsel
Sumber :
  • Pexels/Silvie Lindemann

Olret – Melansir web aduannomor.id. pada Kamis, (16/11/2023), dilaporkan ada sekitar 3.104 nomor handphone (HP) yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terhitung sejak Juni-15 November 2023. Semua nomor-nomor terbukti digunakan untuk indikasi negatif seperti penipuan.

Mudah Banget! Ini 4 Cara Cek Masa Aktif Kartu 3 (Tri)

Menurut Dany Swardany selaku a Direktur Pengendalian Direktorat Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kemenkominfo, pihaknya memblokir ribuan nomor ponsel ini setelah menerima pengaduan dari masyarakat.

"Jadi kami itu sudah memblokir nomor yang asalnya dari aduan di situs web aduannomor.id dengan jumlahnya 3.104 sejak bulan Juni 2023," katanya.

Yakinlah, Setiap Ketulusan Akan Dibalas Dengan Kebahagian

Sementara itu, Aduannomor.id merupakan situs yang dibuat Kemenkominfo untuk menampung aduan masyarakat jika mereka merasa resah atas gangguan nomor-nomor ponsel tertentu.

“Kalau masyarakat mau membuat laporan, mereka perlu membuat akun baru kemudian nomor-nomor meresahkan ini bisa diadukan,” imbuh Dany.

Kumohon Maafkan Aku, Ternyata Ada Cinta Lain Selain Dirimu

Ia lalu melanjutkan untuk menyertakan bukti tangkapan layar (screenshot) atau rekaman percakapan yang dilakukan.

Selanjutnya, terkumpulnya 3.104 nomor ponsel yang telah diblokir Kominfo ini adalah jumlah akumulasi. Diantaranya berasal dari aduan masyarakat tentang nomor penipuan online, nomor untuk promosi judi online, serta nomor penipuan suara (voice phising), atau iklan SPAM.

Halaman Selanjutnya
img_title