Eunhyuk dan Donghae Super Junior Mendirikan Agensi Sendiri

Donghae dan Eunhyuk Super Junior
Sumber :
  • Twitter/ allkpop

OlretBoy grup populer K-pop generasi kedua, Eunhyuk dan Donghae Super Junior, telah resmi mendirikan agensi mereka sendiri, ODE Entertainment. Keduanya menjabat sebagai Co-CEO. Label resmi mereka diumumkan pada 1 September.

ODE Entertainment Eunhyuk dan Donghae

10 Grup K-pop Dengan 3 Anggota Terbaik: VIVIZ, BSS, 3RACHA, dan Banyak Lagi

Pada bulan Juli, SM Entertainment mengumumkan bahwa, meskipun Super Junior telah memperbarui kontrak grup mereka, Eunhyuk, Donghae, dan Kyuhyun memilih untuk tidak memperbarui kontrak individu mereka dengan agensi tersebut.

Pada tanggal 1 September, dilaporkan bahwa Eunhyuk dan Donghae telah meluncurkan agensi mereka sendiri, bernama ODE Entertainment. Menurut orang dalam industri, kontrak eksklusif Eunhyuk dan Donghae dengan SM Entertainment telah berakhir pada tanggal 31 Agustus, dan mereka secara resmi mengambil peran sebagai co-CEO di ODE Entertainment pada tanggal 1 September.

Lebih lanjut, sumber yang dekat dengan keduanya mengungkapkan bahwa Eunhyuk dan Donghae, yang juga merupakan teman dekat lama, ikut mendirikan perusahaan tersebut. Rencana mereka adalah melanjutkan aktivitas individu dan melanjutkan aktivitas duo D&E di bawah ODE Entertainment. Sumber tersebut juga menyebutkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk merekrut artis baru setelah perusahaan tersebut sepenuhnya berdiri.

Sumber tersebut melanjutkan dengan mengatakan bahwa, meskipun kontrak eksklusif mereka dengan SM telah berakhir, keduanya memiliki kasih sayang yang mendalam terhadap Super Junior dan berniat untuk berpartisipasi dalam aktivitas grup.

Pada hari yang sama, dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara resmi ODE Entertainment kepada Newsen, perusahaan tersebut mengonfirmasi pendirian resminya. Pernyataan tersebut mengumumkan bahwa Donghae dan Eunhyuk telah mendirikan ODE Entertainment dan mengambil peran sebagai co-CEO setelah kontrak mereka dengan SM Entertainment berakhir.

Manajer Super Junior, Won Yong Sun, yang pernah tampil bersama mereka di variety show MBC "The Manager," juga telah bergabung dengan agensi baru.

Dalam berita lainnya, sesama anggota Super Junior, Kyuhyun, baru-baru ini menandatangani kontrak eksklusif dengan Antenna untuk aktivitas solonya.

Apa itu Super Junior-D&E

SUPER JUNIOR-D&E adalah subunit kelima dari boy grup SUPER JUNIOR, yang memulai debutnya pada 16 Desember 2011, dengan singel mereka "Oppa, Oppa." Subunit ini terdiri dari dua anggota Super Junior: Donghae dan Eunhyuk.

Deretan Boy Grup Korea Dengan Member 7 Orang, Kariernya Sukses Semua

Meskipun konsep sub-unit dalam grup K-pop bukanlah hal baru lagi, Super Junior sebenarnya adalah grup idola pertama yang memelopori konsep ini dengan subunit seperti Super Junior K.R.Y, Super Junior-T, Super Junior-M, Super Junior -H, dan Super Junior D&E.

Di dalam D&E, Donghae terutama mengawasi suara grup, sering kali ikut mengarang dan ikut menulis lagu mereka. Di sisi lain, Eunhyuk memimpin dalam hal penampilan, menangani koreografi, dan pengarahan panggung.