Mengungkap Hubungan Antara Kesehatan Mental dan Gangguan Makan

Hubungan Antara Kesehatan Mental dan Gangguan Makan
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Gangguan makan sering kali berkembang karena penyebab mendasar seperti rendahnya harga diri, gangguan kesehatan mental, gangguan penyalahgunaan zat, atau riwayat trauma atau penelantaran.

Catat! 6 Cara Mengatasi Rekan Kerja yang Sok Tahu

Mereka sering dikaitkan dengan obsesi makanan, berat badan, atau bentuk tubuh, serta kecemasan tentang makan atau konsekuensi dari makan makanan tertentu. Dilansir dari pinkvilla, Ibu Samar, seorang psikolog dan pelatih kesehatan holistik bersertifikat serta ahli CBT (Cognitive Behavioral Therapy), hadir hari ini untuk memberikan wawasan tentang hubungan antara gangguan makan dan kesehatan mental dan fisik.

Apa itu gangguan makan?

Gangguan Makan

Photo :
  • Google Image
5 Cara Mengontrol Pola Makan Tanpa Mengganggu Kesehatan

“Gangguan makan adalah kebiasaan/pola makan tidak normal yang menyebabkan gangguan parah pada pola makan sehari-hari seseorang. Hal ini ditandai dengan kebiasaan makan yang tidak teratur, termasuk asupan makanan yang tidak mencukupi atau berlebihan yang dapat mengganggu kesejahteraan individu,” jelas Ibu Samar.

Selain pola makan yang tidak normal, terdapat kekhawatiran yang parah mengenai berat dan bentuk tubuh, kekhawatiran ini mengganggu kebahagiaan dan fungsi sehari-hari seseorang serta menyebabkan tekanan psikologis yang parah.

Apa penyebab gangguan makan?

Halaman Selanjutnya
img_title
5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Rileks Setelah Melalui Hari yang Berat