4 Efek Berbahaya dari Kacang Hitam Bagi Kesehatan

Kacang Hitam
Sumber :
  • Youtube

OlretKacang hitam telah lama menjadi makanan yang familiar di setiap keluarga Vietnam. Mendinginkan diri dengan teh kacang hitam atau meminum air sangrai kacang hitam untuk menurunkan berat badan sudah banyak dilakukan orang.

LeBron James Ungkap Bagaimana Perasaannya Bekerja Sama Dengan Son Bronny Untuk Lakers

Namun, efek berbahaya dari meminum air kacang hitam dengan cara yang salah atau berlebihan juga bisa terjadi. Secara khusus:

1. Menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan

Apa dampak berbahaya dari meminum air kacang hitam panggang? Semua kacang mengandung oligosakarida (juga dikenal sebagai galaktan). Ini adalah gula kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh karena kekurangan enzim alfa-galaktosidase.

Oleh karena itu, mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang hitam, diketahui dapat menyebabkan gas usus dan rasa tidak nyaman pada sebagian orang.

Selain itu, kacang hitam juga mengandung lektin dan protease. Zat-zat tersebut jika dikonsumsi berlebihan akan menghambat proses pencernaan dan dapat mengubah fungsi usus sehingga menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

2. Efek berbahaya dari kacang hitam tidak baik bagi orang yang berbadan dingin

7 Penyakit Mematikan yang Perlu Diketahui oleh Orang Gemuk

Menurut pengobatan oriental, kacang hitam merupakan makanan netral yang mampu memurnikan dan mendinginkan tubuh. Karena alasan itu, orang sering suka menggunakan kacang hitam di musim panas untuk membuat sup dan minuman manis.

Namun, efek buruk dari meminum banyak air kacang hitam justru tidak baik bagi penderita golongan pilek. Khususnya orang yang sering mengalami anggota badan dingin, tekanan darah rendah, sering buang air besar atau diare, banyak minum air kacang hitam akan membuat kondisi pilek semakin parah.

3. Efek buruk pada fungsi ginjal

Halaman Selanjutnya
img_title