Apakah Kopi Menghambat Pertumbuhan Anak: Begini Fakta dari Mitosnya!

Apakah Kopi Menghambat Pertumbuhan Anak
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Mitos tentang kopi yang mempengaruhi tumbuh kembang anak banyak terdengar. Orang sering bertanya-tanya “apakah kopi menghambat pertumbuhan Anda?”. Sebagai salah satu minuman paling populer, kopi mengandung kafein, stimulan lembut yang meningkatkan energi.

5 Cara Mengontrol Pola Makan Tanpa Mengganggu Kesehatan

Beberapa bahkan mungkin minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi, cola, dan teh untuk mendapatkan dorongan energi dan mencegah atau menghilangkan rasa kantuk.

Namun, muncul kekhawatiran bahwa kafein yang berlebihan dapat menghambat perkembangan tinggi badan, terutama pada anak-anak. Jadi, apakah kafein menghambat pertumbuhan Anda? Mari selami beberapa fakta yang didukung sains untuk menemukan kebenarannya.

Penyebab Stunting Tumbuh Tinggi Badan

4 Ciri Utama Pria Yang Pantas Jadi Ayah Dari Anak-anakmu Nanti

Untuk sementara, anak-anak dan remaja diperingatkan bahwa minum kopi dapat menghambat pertumbuhan mereka. Kafein dalam kopi dapat sedikit memengaruhi penyerapan kalsium, yang berpotensi memengaruhi pertumbuhan tulang pada remaja.

Tetapi menambahkan sedikit susu ke dalam kopi Anda dapat mengimbangi efek ini. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang secara langsung membuktikan pertumbuhan stunt kafein pada individu.

Sebelum Memaksakan Kehendak Kepada Sang Anak, Orangtua Juga Perlu Tahu Hal Ini!

Alasan utama pertumbuhan terhambat pada anak-anak adalah gizi buruk, infeksi berulang, dan penyakit kronis yang memengaruhi asupan, penyerapan, atau pemanfaatan nutrisi. Selain itu, kurangnya perhatian dan stimulasi untuk perkembangan juga dapat berperan.

Halaman Selanjutnya
img_title