Studi Membuktikan, Ini yang Perlu Dilakukan Parents Biar Anak Nyaman dan Tenang

Manfaat Berpelukan
Sumber :
  • https://www.istockphoto.com/

Olret

6 Manfaat Nonton Drakor Buat Cowok, Banyak Pelajaran Hidupnya Juga

Hai Moms, Seringkali sebagai orangtua kita kewalahan menghadapi emosi anak yang sulit ditenangkan. Saat tantrum anak terkadang sulit dikendalikan, saat usia balita anak akan lebih sering tantrum dan memasuki usia sekolah tantrum berubah jadi sebuah amukan.

Dilansir dari berbagai sumber, anak-anak justru lebih rapuh secara emosional dibandingkan orang dewasa. Anak akan merasakan semua emosi yang dirasakan oleh orangtuanya. Ketakutan, kecemasan, kegelisahan hingga emosi.

15 Cara Agar Kulit Putih Alami, Bak Kulit Wanita Jepang

Menurut sebuah studi menunjukan bahwa anak lebih dari 3 bulan, yang dipeluk selama 20 detik akan mengalami perlambatan frekuensi denyut jantung dan gerakan kepala lebih sedikit. 

Hal tersebut menandakan anak merasa nyaman dan tenang. Selain menciptakan rasa nyaman, pelukan akan mengeluarkan  hormon oksitoksin, atau yang terkenal sebagai hormon cinta. Hormon ini sangat berdampak pada respon emosi misalnya kepercayaan dan stabilitas psikologis.

Faktanya, Wanita yang Cantiknya Biasa, Justru Punya Cinta Luar Biasa

Dalam penelitian yang lain mengatakan pelukan dapat meningkatkan sistem imun anak secara signifikan. Pelukan bukan hanya sekedar cinta kasih loh moms.

Menurut Melly Puspita Sari, psikolog yang juga penulis buku The Miracle of Hug, mengatakan Pelukan yang penuh kelembutan juga merupakan salah satu cara membantu menyelesaikan masalah, terutama pada anak yang berperilaku unik.

Halaman Selanjutnya
img_title