Ini Bedanya Muntah dan Gumoh pada Anak? Parents Wajib Tahu !

Bayi menyusu
Sumber :
  • www.pexel.com

Olret

Bikin Haru! Wanita Ini Pinjamkan Toga ke Kakaknya yang Lulusan SMP saat Wisuda

Hai moms, terkadang sebagai orangtua baru sulit membedakan ketika anak mengalami gumoh atau muntah? Gumoh dan Muntah padahal 2 kondisi yang berbeda.

Gumoh biasanya terjadi pada anak yang masih newborn karena ukuran lambungnya yang masih terlalu kecil dan akan berkurang seiring bertambahnya usia si kecil

4 Ciri Utama Pria Yang Pantas Jadi Ayah Dari Anak-anakmu Nanti

Dilansir dalam laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI, gumoh adalah situasi saat keluarnya sebagian susu saat atau setelah bayi menyusui. Gumoh terjadi sebab katub lambung belum terlalu sempurna. 

Gumoh sering ditemui  pada bayi sampai usia 1 tahun, akan menghilang seiring usia si kecil dan merupakan hal normal dengan volume bervariasi 1-2 sendok. Meski begitu gumoh tidak membuat si kecil kehilangan berat badan, si kecil tetap mengalami kenaikan berat badan. 

Sebelum Memaksakan Kehendak Kepada Sang Anak, Orangtua Juga Perlu Tahu Hal Ini!

Biasanya gumoh disebabkan karena anak terlalu banyak menelan udara ketika menyusui, terlalu banyak minum ASI, tidak disendawakan setelah minum susu dan posisi kepala yang sejajar dengan perut .

Dikutip dalam laman instagram Interlac Probiotics, ada beberapa tips yang bisa moms lakukan untuk mengurangi gumpoh pada Si kecil :

Halaman Selanjutnya
img_title