8 Kuliner Khas Banjarmasin yang Kaya Rempah, Nikmatnya Kebangatan

Kuliner Khas Banjarmasin
Sumber :
  • instagram

OlretBanjarmasin, ibu kota Kalimantan Selatan merupakan kota metropolitan yang menjadi gerbang kegiatan ekonomi dan pariwisata di Pulau Kalimantan. Kota yang dialiri lebih dari 60 sungai ini juga kaya dengan kuliner daerah yang lezat dan kaya rempah.

Jalan-Jalan Ke Solo? Jangan Lupa Cicipi 7 Kuliner Khas Yang Tidak Boleh Dilewatkan Ini

Kuliner Banjar dikenal memiliki kandungan rempah yang banyak seperti kunyit, jahe, dan temulawak pada bumbunya. Mengonsumsi makanan dengan bumbu rimpang disebut-sebut dapat menangkal virus dan menjaga daya tahan tubuh. Berikut ini kuliner khas Banjarmasin yang cocok dinikmati di saat kondisi alam sedang tidak menentu.

1. Pepes Ikan Kuning

Pepes ikan kuning merupakan hidangan dari bahan ikan segar yang dikukus bersama bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, garam, jahe, dan serai dan dibungkus daun pisang. Karena menggunakan bumbu lengkap, rasanya sangat gurih dan segar di mulut.

2. Panggang Kaluk

4 Makanan Indonesia yang Mendunia, Apakah Ada yang Jadi Favoritmu?

Panggang Kaluk juga merupakan makanan berbahan dasar ikan, khususnya ikan gabus dan haruan. Bumbunya sama dengan pepes ikan kuning, hanya ditambah dengan cabai merah besar.

Hidangan ini biasanya menjadi jamuan pada acara-acara tertentu. Kini, panggang kaluk juga semakin jarang karena ikan gabus berukuran besar sebagai bahan utamanya sudah cukup langka.

Halaman Selanjutnya
img_title
4 Fakta Seng Supachkok Welasmongkonchai di Don't Say No Series