7 Makanan Ini Selalu Ada di Pernikahan Adat Betawi, Mana Makanan Kesuakaanmu?

Pernikahan Adat Betawi
Sumber :
  • google image

Olret – Setiap daerah memiliki adat tersendiri dalam merayakan pernikahan. Mulai dari tata cara, pakaian, hingga makanan yang harus disediakan. Demikian juga Betawi yang memiliki kuliner khas menjadi ciri khas pesta pernikahan di sana.

Janda Muda Itu Putus Asa. Menikah Lagi, Berpikir Bahwa Akan Bahagia, Ternyata Suaminya...

Berikut ini makanan yang harus tersedia dalam rangkaian acara pernikahan adat Betawi, baik untuk sajian tamu maupun hantaran pengantin.

1. Roti Buaya

Roti buaya wajib dibawa oleh mempelai pria untuk diserahkan kepada pihak pengantin wanita sebelum akad nikah. Bukan roti biasa, roti buaya mengandung filosofi buaya yang memiliki kesetiaan kepada pasangannya dan simbol kesabaran seperti buaya yang sabar mengintai dan menunggu mangsa. Ada juga yang menganggap buaya sebagai simbol kejantanan dan kestabilan ekonomi.

2. Sayur Besan

5 Konsep Foto Prewedding yang Akan Mengukir Kenangan Sepanjang Masa

Sayur besan diisyaratkan dibawa oleh orang tua pengantin pria ke rumah orang tua pengantin wanita setelah pesta pernikahan selesai. Hidangan ini berupa sayur berkuah santan kuning dengan isian terubuk, buncis, kentang, wortel, dan soun.

Terubuk merupakan sejenis tebu yang bunganya biasa dikonsumsi. Bunganya berbentuk lonjong berbutir-butir ditutupi kulit. Butiran terubuk yang menyatu ini menjadi simbol penyatuan dua keluarga lewat pernikahan.

Halaman Selanjutnya
img_title
5 Konsep Ini Patut Kamu Coba, Biar Hasil Foto Prewedding Lebih Manis dan Berkesan