Wisata Edukasi di Observatorium Bosscha Lembang

Observatorium Bosscha Lembang
Sumber :
  • instagram

Olret – Pernah dengar Observatorium Bosscha? Pastinya buat warga Bandung, museum ini sudah tak asing lagi. Iya, museum yang terletak di Lembang, Bandung Barat ini, menjadi salah satu tujuan wisata yang tidak hanya menghibur, namun juga bisa menambah wawasan.

Faktanya, Wanita yang Cantiknya Biasa, Justru Punya Cinta Luar Biasa

Jadi, saat anda ke Bandung bersama keluarga, terlebih dengan sang buah hati, pastikan untuk mampir ke museum ini.

Sejarah Berdirinya Observatorium Bosscha

Pada awalnya, bangunan ini memiliki nama Bosscha Sterrenwacht, dibangun oleh sebuah Perhimpunan Bintang Hindia Belanda. Pada rapat pertama mereka, seorang tuan tanah di perkebunan the Malabar yang bernama Karel Albert Rudolf Bosscha menyatakan bahwa Ia bersedia menjadi donatur utama dalam pembelian teropong bintang untuk Observatorium Bosscha.

6 Cara Meraih Bahagia Yang Kamu Idamkan Meski Tak Banyak Harta

Untuk menghargai jasanya dalam pembangunan observatorium, maka nama Bosscha dijadikan sebagai nama untuk observaturium ini. Kemudian pada tahun 1933, pihak Observatorium Bosscha melakukan publikasi internasional untuk pertama kalinya. Namun, kegiatan observasi harus dihentikan dengan terpaksa karena adanya Perang Dunia II.

Kemudian setelah berdirinya ITB (Institut Teknnologi Bandung) pada tahun 1959, Observatorium Bosscha resmi menjadi bagian dari ITB untuk dimanfaatkan sebagai pusat penelitian dan juga pendidikan ilmu Astronomi di Indonesia.

Daya Tarik Observatorium Bosscha

Halaman Selanjutnya
img_title
Batas Kuatmu Allah Selalu Tahu, Maka Bertahanlah Meski Saat Ini Menyakitkan