Taman Sari Yogyakarta, Istana Air (water castle) Sultan di Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta
Sumber :
  • instagram

OlretYogyakarta menjadi salah satu kota yang sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Berbagai jenis objek wisata dapat kamu temukan di daerah Yogyakarta, seperti wisata alam, wisata malam, wisata edukasi, wisata adrenalin, wisata sejarah, wisata bahari, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin mengunjungi wisata sejarah edukasi, maka Taman Sari Yogyakarta menjadi pilihan yang sangat tepat.

Wisata Siang Malam di Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Taman Sari ini dulunya merupakan kebun istana bekas Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang saat ini digunakan sebagai objek wisata. Luas dari Taman Sari ini yaitu sebesar 10 hektar yang dibangun sejak masa Sultan Hamengkubuwono Pertama masih berkuasa. Awalnya, bangunan ini hanya terdiri dari 58 bangunan saja. Bangunan ini terdiri dari kolam renang, masjid, dan ruang meditasi bagi para keluarga Keraton.

Pada zamannya, tempat ini hanya boleh dimasuki oleh raja dan keluarganya. Di sekitar kolam terdapat menara dengan 3 lantai yang digunakan oleh raja untuk bersantai dan menikmati pemandangan.

Belajar dari Kasus Kebakaran di Bromo, Pahami 5 Poin Penting Etika Berwisata Berikut Ini!

Kolam Pemandian terbagi menjadi 3 bagian yang terdiri dari Umbul Panguras yang digunakan khusus oleh raja, Umbul Pamuncar yang digunakan oleh para selir, dan yang terakhir adalah Umbul Kawitan yang digunakan oleh putri raja.

Halaman Selanjutnya
img_title