4 Jalur Pendakian Favorit ke Puncak Gunung Prau

Jalur pendakian gunung prau
Sumber :
  • google image

Olret – Gunung Prau menjadi salah satu primadona bagi pendaki di dataran tinggi Dieng karena keindahan pemandangan matahari terbit dan tenggelam dari puncaknya. Di kalangan pendaki, gunung ini dikenal memiliki medan yang mudah dilalui.

Jadilah Pendamping Hidupku. Karena Ku Ingin Menjagamu Hingga Akhir Hayatku

Maka, gunung ini biasa di jajal oleh pendaki pemula atau sebagai pemanasan bagi mereka yang sudah lama tidak mendaki gunung. Pendakian Gunung Prau pun tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 3 hingga 4 jam.

Jalur Pendakian Favorit ke Puncak Gunung Prau.

Gunung Prau berada di wilayah empat kabupaten yaitu Wonosobo, Temanggung, Kendal, dan Batang. Ada beberapa jalur pendakian yang dibuka untuk umum yaitu Dieng Wetan, Kalilembu, Patak Banteng, Campurejo, Wates, dan Dwarawati. Berikut ini 4 jalur favorit yang biasa dipilih para pendaki.

1. Jalur Patak Banteng

Lukamu Belum Sepenuhnya Kering, Tapi Percayalah Aku Akan Membuatmu Bahagia

Kebahagian pendaki gunung prau di basecamp

Photo :
  • Viva/Idris Hasibuan

Urutan pertama jalur yang paling banyak dilalui Patak Banteng karena waktu tempuhnya lebih singkat dibandingkan jalur yang lain serta tempatnya berada di tepi jalan raya. Jika naik bus mini jurusan Dieng/Batur dari Wonosobo dan membawa peralatan mendaki, biasanya sopir atau kondektur bus akan merekomendasikan jalur ini. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke puncak melalui jalur ini sekitar 160 menit.

Halaman Selanjutnya
img_title
Hujan di Kota Tua Jakarta, Saksi Bisu Perjalanan Cinta Kita