Pendakian Gunung Sumbing Lewat Jalur Bowongso, Berapa Jam?

Gunung Sumbing
Sumber :
  • instagram

OlretGunung Sumbing terletak di tiga kabupaten yaitu Wonosobo, Temanggung, dan Magelang. Gunung ini biasa dijadikan pilihan untuk didaki ketika malam pergantian tahun.

Kisah Nyata : Menantang Penghuni Dunia Lain Sumbing, Ngeri.

Puncak Gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa dengan tinggi 3.371 mdpl ini dapat dicapai dari Bowongso, Banaran, Garung, Sipetung, Butuh Kaliangkrik, Mangli Kaliangkrik, dan Cepit.

Dari Wonosobo, jalur yang banyak dipilih ialah jalur Bowongso. Jalur ini dikenal lebih landai dan lebih sepi dibandingkan jalur populer lainnya yaitu jalur Garung. Medan yang dilalui juga cukup ramah bagi pendaki. Pendakian dari jalur Bowongso memakan waktu kurang lebih 7-8 jam sampai ke puncak.

Part 1 : Teror Pasangan Pendaki Mistis di Gunung Ciremai

Memilih jalur ini, kamu akan menjumpai hamparan sabana yang luas berwarna kuning keemasan ketika musim kemarau dan berwarna hijau segar ketika musim hujan.

Dari jalur ini, dapat tembus ke tiga puncak Gunung Sumbing yaitu Puncak Rajawali, Puncak Kawah, dan Puncak Buntu. Di Desa Bowongso, Anda dapat membawa pulang kopi Bowongso yang terkenal sebagai oleh-oleh.

Rute Menuju Basecamp Bowongso

Bertemu Dengan Dewi, Pendaki Wanita Serba Pucat di Gunung Arjuno

Untuk pendaki dari luar kota Wonosobo, dapat menaiki bus kecil yang akan membawa ke lokasi dengan tarif sebesar Rp25.000. Dari terminal Mendolo, jarak tempuhnya sekitar 60 menit. Lokasi basecamp Bowongso berada di sebelah kantor kepala desa Bowongso.

Halaman Selanjutnya
img_title