Gunung Kendil, Cocok untuk Pendaki Pemula di Temanggung

Gunung Kendil
Sumber :
  • Youtube

Olret – Selain Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang sudah terkenal di kalangan pendaki, Temanggung juga memiliki destinasi wisata serupa untuk dijelajahi yaitu Gunung Kendil.

Kisah Nyata : Menantang Penghuni Dunia Lain Sumbing, Ngeri.

Letaknya yaitu di Desa Sepakung, Temanggung. Gunung dengan ketinggian 1.800 mdpl ini sekilas tampak seperti bukit sehingga dikenal juga dengan sebutan Bukit Sikendil.

Sejak era kolonial Belanda, Gunung Kendil telah dijadikan sebagai tempat latihan militer. Namun, setelah tempat latihan militer dipindahkan ke Magetan, kawasan Gunung Kendil dan sekitarnya diubah menjadi tempat wisata.

Rute Pendakian Gunung Kendil

Ditemani Pocong Di Gunung Sindoro, Membuat Nyali Ciut

Gunung Kendil biasa menjadi pilihan pendaki pemula karena jaraknya dari kaki gunung sampai ke puncak cukup dekat. Jadi, jika kamu ingin melihat panorama matahari terbit, dapat mendaki gunung setelah waktu shalat subuh.

Jalur pendakian juga cukup lebar dan mudah dilalui disertai papan petunjuk jalan sehingga memudahkan pendaki untuk melewatinya. Hanya terdapat satu tanjakan cukup terjal sebelum puncak. Tetapi, pengelola sudah menyediakan tali untuk berpegangan. Meski begitu, pendaki tetap harus berhati-hati ketika melalui jalur pendakian.

Part 6 : Teror Pasangan Pendaki Mistis di Gunung Ciremai

Pendakian dapat dimulai dari Basecamp pendakian Sikendil via Sibajag di desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Temanggung. Letak basecamp ini dekat perbatasan dengan Kabupaten Wonosobo sehingga akses menuju ke sana lebih mudah dan lebih cepat jika dari arah Wonosobo. Dari pusat kota Wonosobo jaraknya hanya sekitar 20km dapat ditempuh dalam waktu 35 menit.

Halaman Selanjutnya
img_title