Menilik soal Laki-laki Gondrong yang Dilabeli Preman di Kampung Saya

Ilustrasi laki-laki berambut panjang.
Sumber :
  • Pixabay

Olret – Memilih berbeda dengan orang lain, bisa saja ada resiko tersendiri yang mungkin kita tanggung seperti halnya tindakan di cemooh atau didiskriminasi. Sama halnya di kampung tempat tinggal saya, bisa dibilang masih kuat pengaruh pemikiran dari orang pendahulu. Semisal, ketika berambut gondrong, maka siap-siap saja dicerita dan dilabeli negatif dengan dogma yang sudah lama. Sehingga memicu timbul sifat merasa asing, karena memang tidak ada yang berambut gondrong di tempat tersebut kecuali perempuannya saja.

Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Seorang Pria Sangat Seksi di Ranjang?

Suatu ketika dulu saya pernah gondrong, saat itu waktu masih berada di Majene, Majene adalah tempat kampus saya. Ketika aktif kuliah, saya pun ikut bergabung dengan organisasi kemahasiswaan, saat itulah banyak senior-senior gondrong yang saya jumpai. Pasalnya, saya seakan dihadapkan pada wajah dan dunia baru, mengingat rambut gondrong justru menjadi sahabat yang tidak pernah saya jumpai ketika waktu masih berada di kampung halaman. Bahkan waktu itu, saya sempat berpikir kenapa senior-senior yang gondrong itu,  mereka bisa tahan dengan penampilan yang serampangan di tengah kondisi masyarakat fanatik.

Nah, itu persepsi saya waktu awal melihat orang yang berambut gondrong. Sebenarnya wajar saja sih, karena masih terbawa dengan pengaruh dan kondisi waktu masih di kampung, yang jarang melihat orang yang berbeda dengan lingkungan kita. Tapi, seiring berjalannya waktu, pemikiran tersebut dapat juga terkuras setelah sering bersama dengan teman-teman gondrong itu, yang akhirnya mampu membuka paradigma baru tentang orang-orang gondrong.

6 Alasan Punya Cewek Yang Lebih Pendek Darimu Itu Menyenangkan. Pertahankan, Ya!

Pertemanan saya pun dengan orang-orang gondrong semakin bertambah, dan saya juga telah menjadi satu wadah organisasi dengan mereka. Sempat suatu hari, saya mengajaknya berkunjung ke rumah dan sembari dapat mengenal kondisi kampung. Di sisi lain, itu adalah ajang pergi jalan-jalan untuk merefres atas diskusi-diskusi yang sudah dilakukan semalaman, dan tak kalah penting agar dapat menambah tali persaudaraan.

Awal pertama berkunjung, tetangga saya di kampung banyak yang terheran-heran. Timbul anggapan bahwa kenapa saya harus berteman dengan mereka yang gondrong-gondrong itu, di mana penampilan tidak ubahnya seorang preman. Kondisi mereka yang seakan tidak mampu merawat tubuhnya, sehingga muncul persepsi bahwa mereka seperti para penghuni hutan yang baru saja keluar kandang.

Penis Akan Semakin besar atau Berhenti Tumbuh Pada Usia Berapa?

Kondisi demikian, jelas merusak toleransi terhadap sesama yang hanya melihat orang gondrong hanya dari penampilan saja. Tanpa mereka mengerti bahwa sebenarnya mahasiswa yang berambut gondrong itu, justru mendapat julukan emas di kampus sebagai mahasiswa yang penuh kritik, sifat senioritas telah melekat dalam dirinya yang tentu mendapat penghormatan dari mahasiswa lain di kampus. Tetapi, beda halnya di kampung saya, justru julukan orang berambut gondrong adalah sebagai seorang preman, pencuri ayam dan penjaga hutan yang tidak mampu merawat tubuhnya.

Anggapan seperti inilah yang mendorong saya untuk ikut juga berambut gondrong, meskipun saya tahu kalau pasti mendapat cemooh dari orang-orang. Ada anggapan bahwa sudah terpengaruh dengan teman-teman yang gondrong itu. Ya, memang terjadi banyak semprotan kata-kata yang datang baik dari anggota keluarga sendiri maupun orang lain. Sehingga, permintaan untuk cukur rambut tidak henti-henti masuk di telinga saya.

Halaman Selanjutnya
img_title