Prinsip Budgeting Keuangan ala Sandwich Generation

Budgeting keuangan
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Buat yang belum tahu, sandwich generation itu istilah untuk orang yang harus menafkahi dua generasi, yaitu generasi orang tua dan generasi anak. Istilah sandwich digunakan karena bentuknya seperti daging yang diapit roti atas dan bawahnya.

Sebelum Memaksakan Kehendak Kepada Sang Anak, Orangtua Juga Perlu Tahu Hal Ini!

Mengenai tentang budgeting keuangan, memang tidaklah mudah. Namun, pilihan kita ada dua. Pertama; mengoptimalkan dana yang terbatas untuk sebagian pihak, dan sebagian urusan. Kedua; meningkatkan dana yang dimiliki untuk semua pihak dan semua urusan.

Menurut Amalia, coach family financial planner, terdapat tiga prinsip utama dari budgeting sandwich gen:

  • Cut expense semampumu; sandwich gen itu karena porsi budget untuk kebaikannya besar, ya harus bisa cut expense di pos lainnya.
  • Buat batasan jelas; kalau mau semua kebutuhan orang tua dan anak di-cover, ya berat. Batasi cover untuk kebutuhan saja, keinginan bisa ditunda dulu.
  • Gotong royong; pihak yang terlibat bukan cuma kamu dan orang tua, tetapi juga adik-kakakmu, dan pasangan. Pastikan mereka paham bahwa kita harus hemat dan menambah income bersama. Tidak bisa sendiri-sendiri.

1. Budgeting umum

Kuliah Atau Menikah? Jangan Pusing! Lakukan Saja Keduanya Secara Beriringan

Ilustrasi menyisihkan uang

Photo :
  • https://www.pexels.com/@karolina-grabowska

Prinsip budgeting umum bisa dibagi menjadi 5 pos. Idealnya tabungan masa depan minimal 20%, memiliki cicilan maksimal 30%, kebutuhan 40%, keinginan 10%. Bedakan antara kebutuhan dengan keinginan, banyak yang salah mengartikan antara keduanya. Kebutuhan adalah segala hal yang bersifat primer, seperti; makan, transportasi, internet dan lainnya. Sedangkan keinginan bisa berupa jalan-jalan, hangout bersama teman, hiburan.

Halaman Selanjutnya
img_title
5 Hal yang Harus Kamu Pahami Untuk Mengerti Bahwa Hidup Itu Bukan Melulu Cinta