Mengenal Fenomena Mom Shaming Dan 5 Cara Terbaik Menghadapinya

Mom Shaming
Sumber :

Olret – Menjadi seorang ibu adalah tantangan hebat sekaligus berat bagi seorang wanita. Dia yang selama ini sering dibilang kekanakan, cengeng, manja dan tidak bisa mandiri akan bertanggung jawab pada buah hati yang dilahirkannya serta mengurus dan menyayanginya sepenuh hati.

Saat Tidur, Siswi SMP Ini Dirudapaksa Tukang Sampah di Jakarta Utara, Sampai Gemetaran!

Namun faktanya, menjadi ibu bukan hanya mendapatkan kesulitan dari tugas dan tanggung jawabnya. Tapi juga perlakuan tidak baik dari orang-orang sekitar yang bisa menjatuhkan mental, sampai menyebabkan baby blues. Fonemena ini biasa disebut dengan Mom-Shaming. 

Apa Itu Mom shaming?

Mom Shaming

Photo :
  • -
Pertandingan antara timnas Indonesia vs Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Segera Berlangsung

Mom-shaming juga salah satu tindakan bully yang dilakukan oleh orang toxic pada wanita yang sudah berstatus ibu. Mereka disudutkan, dikritik, dihakimi, atau bahkan dicemooh oleh orang lain atas perannya yang dianggap gagal sebagai ibu.

Tentu hal itu akan membuat tidak nyaman, merasa rendah diri dan makin menyalahkan diri sendiri. Apalagi jika yang melakukan bullyan justru orang yang seharusnya membela dan melindungi dirinya. Misal pasangan, orang tua atau keluarga. 

Top 7 Drama Korea yang Harus Kamu Tonton di Oktober 2024

Karena itulah fenomena ini sangat berbahaya, sudah banyak kasus ibu-ibu yang depresi sampai menyakiti buah hatinya sendiri karena tidak tahan pada perlakuan Mom Shaming ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title