4 Hal yang Bisa Bikin Sebal saat KKN

Ilustrasi Hal yang Bisa Membuat Sebal saat KKN
Sumber :
  • Pixabay

Olret – Kuliah Kerja Nyata atau yang populer dikenal KKN merupakan salah satu kegiatan yang hampir seluruh kampus mengadakannya. Bisa dibilang kalau KKN ini menjadi ajang bagi mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan ilmu yang sudah didapatkan di kampus. 

6 Alasan Temanmu Menolak Bantuanmu, Hargai Saja Keputusannya

Terlebih dari tujuan formalnya KKN itu, kadang juga KKN justru menjadi ladang ketemu si ayang, istilah kerennya terjadi cinlok saat melakukan KKN. Itu sih hanya ungkapan saja, walaupun ada yang benar-benar terjadi namun lebih banyak juga kok nggak terjadi. 

Sebagai salah seorang yang pernah merasakan yang namanya KKN, saya sih juga punya cerita tersendiri terkait KKN ini. Dalam ber-KKN, biasanya mahasiswa akan dikelompokkan dari berbagai jurusan untuk satu posko nantinya. Bisa berkisar antara 10-30 orang dalam satu kelompok, tergantung lagi kebijakan kampusnya masing-masing. Tapi yang jelas dalam catatan sejarah KKN, selalu saja akan dibuat dalam bentuk kelompok. 

6 Alasan Logis Menjadi Penyendiri Tak Selalu Buruk, Sesekali Perlu Kok

Karena berkelompok untuk berposko di tempat KKN, tentu kondisi dan lingkungan akan berbeda saat tinggal di kos atau pun di rumah. Nggak semua kebiasaan-kebiasaan di kos itu bisa ditonjolkan secara bar-bar pada saat KKN. Artinya mahasiwa yang pergi KKN harus bisa menyesuaikan kondisi dan beradaptasi terhadap lingkungan dan masyarakat di tempat KKN. 

Makanya nggak heran kalau KKN selalu saja punya cerita, baik cerita yang menyedihkan, mengharukan, sampai kenangan yang menyebalkan. Terkadang dalam menjalani yang namanya KKN, nggak semua yang diingankan itu sesuai harapan, jadinya bisa jadi bikin sebal

3 Pertanyaan Ini yang Bisa Membuat Relationship Makin Sehat, Yuk Dicek!

Untuk itu berdasarkan dari suvei kecil-kecilan dan berdasar pada pengalaman pribadi, akan saya utarakan setidaknya ada empat hal yang bisa bikin sebal saat melaksanakan KKN. 

1. Jemur pakaian

Halaman Selanjutnya
img_title