Gaji Guru Honorer Kecil, Tapi Kok Masih Mau Mengajar. Sesulit Itukah Cari Kerjaan?

Guru yang mengajar
Sumber :
  • U-Repot

Olret – Mungkin kamu sering mendengar keluhan guru honorer yang hanya menerima gaji pas-pasan dan bahkan cenderung kurang. Tak pelak, banyak kisah haru biru tentang perjuangan guru honorer ini.

Ibu, Kau Adalah Segalanya, Bagiku Lebih Dari Harta Yang Ada Di Dunia

Sebenarnya saya juga sangat bingung, apa alasan mereka tetap bertahan menjadi guru honorer yang gajinya tak seberapa. Bahkan kadang untuk memenuhi kehidupan sehari-hari pun tak bisa.

Guru Honorer Ini Bukannya Tanpa Pendidikan yang Layak, Biaya Kuliah Mereka Juga Tak Kalah Mahal Kok.

Untuk menjadi guru honorer mungkin bukanlah sebuah pilihan utama, namun ada juga yang menjadikannya sebagai pilihan utama dengan berharap kelak diangkat menjadi PNS. Jika ditilik kebelakang, sebenarnya gaji honorer ini tak sebanding dengan biaya kuliah yang dikeluarkan. Atau memang guru honorer ini tak bisa mencari pekerjaan lainnya?

Viral di Twitter : Seorang Guru Honorer Menangis, Anggota Dewan Ini Malah Menyuruhnya Menangis Terus

Sebagai contoh saja, adek saya seorang guru honorer yang gajinya sangat minim. Bahkan jika dibandingkan dengan gaji saya, bisa sampai 30 sampai 40 kali. Bahkan ketika kuliah, adek saya juga masih saya berikan biaya hidup 2 sampai 3 kali dari gajinya dari guru honorer. Saya juga gak habis pikir, alasan dia tetap bisa bertahan untuk menjadi guru honorer.

Bahkan ketika lebaran saja dia tak mendapatkan THR, begitu juga dengan tunjangan-tunjangan lainnya. Sebut saja tunjangan pendidikan, kesehatan dan bahkan pernikahan. Berbeda dengan saya yang kerja swasta, untuk tunjangan kesehatan bahkan bisa di claim sampai 150 Juta setahun. Belum lagi bonus akhir tahun, bonus setiap setahun kerja, THR, Tunjangan pernikahan dan tunjangan kelahiran anak,

Pengalaman Adalah Guru Terbaik Yang Mengajarkan Kita Tentang Kehidupan

Adek saya sendiri, untuk membayar cicilan motornya ketika lebaran tak mampu. Belum lagi, jika libur sekolah maka tak ada gaji yang diperoleh. Separah itukah menjadi guru honorer?

Halaman Selanjutnya
img_title