4 Manfaat Penting Membiarkan Anak Merasakan Kegagalan 

Ilustrasi anak merasa gagal
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@gustavo-fring

Olret – Rasa cinta pada anak-anak selalu membuat orang tua memilihkan yang terbaik untuk mereka. Kadang orang tua lupa bahwa anak-anak juga manusia yang ingin dimengerti perasaan serta keinginannya. 

4 Zodiak dengan Semangat yang Tak Terpatahkan

Jangan sampai keliru dalam mengekspresikan rasa sayang terhadap anak atau justru dapat menyebabkan mereka tumbuh rapuh secara mental. Misalnya saja, tak membiarkan anak-anak mengalami kegagalan sehingga orang tua berusaha sekeras mungkin bertindak sebagai garda terdepan mengatasi semua masalah anak. 

Padahal terdapat beberapa manfaat penting membiarkan anak merasakan pahitnya sebuah kegagalan sebagaimana yang kami kutip dari laman instagram @school_of_parenting berikut ini. Mari kita bahas hingga tuntas. 

4 Pesan Dalam Surat Wasiat Mahasiswa Unnes yang Bunuh Diri, Bikin Nangis!

1. Menghargai Proses

Dengan merasakan kegagalan, anak mampu memahami arti penting sebuah proses dalam mencapai suatu tujuan. Tidak ada hal hebat yang didapat secara tiba-tiba. Semua butuh ketekunan serta kesabaran. Dengan begitu, anak-anak akan mengevaluasi penyebab kegagalan dan berusaha mencari solusi terbaik. 

4 Zodiak yang Menemukan Kegembiraan dalam Mengasuh Anak

2. Belajar Menerima Kegagalan 

Memang tidak mudah menerima kegagalan apalagi sampai berkali-kali. Berat. Namun, tak jadi soal. Berikan anak jeda waktu sampai mereka memahami situasi hingga mereka pelan-pelan mulai menerima bahwa kegagalan tak selalu buruk.

Halaman Selanjutnya
img_title