5 Tanda-Tanda dan Alasan Kamu Cemburu Pada Mantan Pasanganmu, Wajar Kok!

Cemburu Pada Mantan Pasanganmu
Cemburu Pada Mantan Pasanganmu
Sumber :
  • jtbc

Olret – Cemburu Pada Mantan Pasanganmu? Inilah Alasan dan Tanda-Tandanya. Bisakah seseorang cemburu pada mantan pasangannya, padahal jelas mantan hanyalah masa lalu dan sekarang dialah yang menjadi pasangan?

Jawabannya bisa. Meski pasangan dan sang mantan sudah berpisah cukup lama, tidak pernah terjalin komunikasi atau hubungan lagi, dan tidak ada kemungkinan untuk berselingkuh. Kamu tetap merasakan kecemburuan, terbebani sampai terobsesi pada hal itu.

Dalam hubungan asmara, kecemburuan ini disebut juga dengan kecemburuan retroaktif, istilah ini digunakan untuk menggambarkan kecemburuan, kebencian, atau frustrasi mengenai pengalaman romantis atau seksual masa lalu pasangan.

Masalahnya jika tidak segera diatasi, kecemburuan ini pasti akan membawa pengaruh buruk pada hubungan juga kepercayaan yang ada diantara kalian. Nah untuk lebih jelasnya, inilah beberapa alasan seseorang bisa mengalami kecemburun retroaktif pada mantan pasangan.

1. Memiliki Trauma

Cemburu Pada Mantan Pasanganmu

Cemburu Pada Mantan Pasanganmu

Photo :
  • jtbc

Jika kamu sering menjalani hubungan yang berakhir dengan kegagalan, pengkhianatan dan ditinggalkan begitu saja. Maka itu akan menjadi trauma sendiri dan membuatmu sulit untuk mempercayai kesetiaan pasanganmu yang sekarang.

Selain itu, rasa takut ditinggalkan, membuat rasa cemburu menjadi tidak sehat sampai posesif yang berlebihan. Meski pasangan sudah berusaha menunjukkan keterbukaan dan kejujuran. Tapi kamu selalu merasa was-was dan sulit untuk sepenuhnya percaya.

Jika trauma dan kecemburuanmu di luar batas wajar. Lebih baik segera mencari pertolongan terapis kesehatan. Supaya, hubunganmu tidak terancam berakhir, karena pasangan merasa gagal untuk mendapatkan kepercayaanmu secara utuh

2. Tahu Masa Lalu Pasangan dan Kisahnya

Saat Bosan Menjadi Ujian Dalam Hubungan

Saat Bosan Menjadi Ujian Dalam Hubungan

Photo :
  • jtbc

Alasan kedua kamu bisa cemburu pada mantan pasangan adalah kamu tahu bagaimana kisah cinta masa lalu pasangan dan sulit untuk menerimanya. Ada perasaan cemburu, karena merasa tidak senang saat pasanganmu pernah berbahagia atau punya kisah manis dengan orang lain. Parahnya lagi, jika awalnya hubungan kalian tidak lebih dari pelampiasan atau pelarian.

Pasti ada rasa takut pasangan akan menjalin hubungan lagi dengan mantan atau kisah lama masih belum benar-benar berakhir. Oleh karena itu, kamu selalu memastikan jika pasanganmu tidak pernah menjalin komunikasi lagi dengan mantannya.

3. Selalu Mengecek Sosial Media dan Ponsel Pasangan

Cara Mudah Meningkatkan Kesehatan Mental Tanpa Terapi

Cara Mudah Meningkatkan Kesehatan Mental Tanpa Terapi

Photo :
  • freepik.com

Sama halnya seperti kecemburuan berlebihan pada umumnya, rasa tidak percaya pada kesetiaan pasangan membuat kamu selalu menvalidasi kesetiaan tersebut. Salah satunya memastikan ponsel, social media, chat dan apapun sarana komunikasi benar-benar bersih baik dari orang lain ataupun mantan pasanganmu.

Halaman Selanjutnya
img_title