7 Tanda Kamu Punya Pola Pikir Dewasa. Kedewasaan Tidak Tergantung Dari Umur

Tanda memiliki pola pikir dewasa
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Umur yang dewasa belum tentu menjadi tolak ukur bahwa kamu juga punya pola pikir dewasa. Bisa jadi umurnya sudah dewasa tapi pikirannya masih seperti anak kecil. Ada pula yang umurnya masih muda, tapi pola pikirnya sudah dewasa. Jadi, kedewasaan seseorang tidak tergantung umur. Banyak faktor yang mempengaruhinya, yaitu; pengalaman, lingkungan, pola asuh orang tua, dan lainnya.

Maafkan Kesalahan Masa Lalumu, Dengan Fokus Memperbaiki Dirimu Yang Sekarang

Menurut psikolog Muhammad Firdaus, berikut tanda seseorang mempunyai pola pikir dewasa.

1. Tidak mudah bilang "baperan" ke orang lain

Support system teman

Photo :
  • freepik.com
Sudah Tahu? Ini 3 Ciri Orang yang Mempunyai Mental Lemah

Kamu tidak mudah judge orang lain dengan bilang baper ke orang lain. "Gitu aja baper, cuma bercanda doang kok!" Kalau bercandanya sudah melewati batas dan orang lain marah ya, wajar. Bukan berarti bercandamu itu cocok dengan semua orang kan! Jadi berhati-hati lah dalam berkata-kata.

2. Tidak mudah tersulut emosi

Ketika ada hal yang bisa membuat kamu emosi, kamu lebih memilih untuk tenang sejenak, lalu berpikir kemudian bertindak. Kamu memilih untuk tidak tersulut emosimu, apalagi memilih untuk tidak melampiaskan emosi dengan memukul atau dengan menyakiti orang lain. Ini artinya kamu bisa mengendalikan emosimu dalam menghadapi suatu masalah.

Halaman Selanjutnya
img_title
Jangan Sepelekan! 4 Hal Ini Bisa Mengubah Mood Kamu