6 Manfaat Memberikan Tugas Rumah untuk Si Kecil, Coba yuk!

Ilustrasi anak balita bermain
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@cottonbro

Orlet - Memberikan tugas rumah untuk si kecil dimulai dari usia 2 tahun ternyata memiliki sejumlah manfaat yang sangat baik bagi perkembangan buah hati loh, Mom. Tentunya tugas yang diberikan harus sesuai dengan usia mereka. Jangan sampai niat hati ingin mengajarkan anak disiplin dan mandiri sejak dini malah menjadi beban bagi ananda tercinta.

4 Zodiak yang Mendorong Keharmonisan dan Pemahaman Antar Saudaranya

Melansir dari @seputaranak.id dan @duniaparentingdotid beberapa tugas berikut ini sangat cocok untuk si kecil yang berusia 2-3 tahun (periode toddlers) antara lain menata bantal guling di tempat tidur, menaruh baju kotor di tempat cucian, mengelap tumpahan makanan dan minuman, menyusun buku di rak maupun meja, mengepel area kecil dengan pel kering, menaruh mainan di tempatnya dan memberi makan hewan peliharaan.

Sedangkan untuk mereka yang berumur 4-5 tahun (preschoolers) cobalah berikan tugas rumah untuk ananda seperti merapikan tempat tidur, membersihkan meja, menyapu atau mengepel sudut ruangan, menyiram tanaman, mengelap debu di kursi meja, memilah cucian seperti baju dan celana, bantu menyusun barang dari belanja bulanan.

Mahasiswi Ini Rayakan Momen Wisuda Tanpa Dihadiri Orang Tua, Ada Kisah Haru Dibaliknya

Lantas apa saja sih dampak positif dari mengajarkan anak secara bertahap beberapa tugas di atas? Simak uraian berikut ini.

1. Mendorong Kemandirian

Ilustrasi bermain sambil mengajari anak

Photo :
  • https://www.pexels.com/@ivan-samkov
Terima Kasih Tuhan Telah menghadirkan Teman Sebaik Dia Untuk Mewarnai Hariku

Tanpa terasa anak akan tumbuh dewasa seiring berjalannya waktu. Jangan tunda membiasakan kebiasaan positif bagi putra-putri kalian supaya kelak mereka tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.

Halaman Selanjutnya
img_title