Penting! Ajarkan 4 Adab Berbicara Ini kepada Buah Hati

Ilustrasi keluarga harmonis
Ilustrasi keluarga harmonis
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@kampus

Orlet - Mendidik anak agar tumbuh menjadi pribadi berakhlakul karimah menjadi tanggung jawab orang tua. Sejak kecil nilai-nilai islami perlu ditanamkan kepada buah hati supaya kelak ketika dewasa anak-anak tidak mudah terjerumus ke dalam perilaku negatif. Salah satunya dengan mengajarkan anak adab berbicara kepada orang lain yang lebih tua, kepada sesama teman.

Mengapa bertutur kata saja perlu adab? Tentu. Karena jika tidak dapat menjaga lisan maka akan berdampak buruk bagi mereka yaitu dapat dijauhi orang-orang, keberadaannya sulit diterima orang, dibenci sehingga berpotensi pada kondisi psikis anak-anak.

Terdapat empat adab berbicara yang perlu diajarkan kepada si kecil seperti yang kami kutip dari laman instagram @rahmasuciditaa. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Berkata Jujur

Betapa banyak kisah kemuliaan hidup yang diakibatkan karena bersikap serta berkata jujur dan kehinaan sebab perkataan dusta.

Tentu para orang tua ingin anaknya menjadi manusia yang senantiasa selamat dari keburukan sifat mudah berbohong. Maka dari itu, kepada buah hati hendaknya kita memberikan contoh nyata dalam keseharian agar selalu berkata jujur dan menerima konsekuensi apabila berlaku curang.

2. Sikap Lembut dan Sopan Santun

Halaman Selanjutnya
img_title