3 Manfaat Mengajarkan Anak Berbenah Sejak Kecil, Orang Tua Wajib Terapkan!

Ilustrasi anak membantu melipat baju
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@alex-green

Orlet - Melihat si kecil tumbuh beranjak dewasa menimbulkan perasaan haru yang tidak dapat dijelaskan. Ketika masih bayi selalu berada dalam buaian kemudian seiring berjalannya waktu kemampuan mereka semakin berkembang. Ada bahagia sekaligus sedih karena momen waktu mereka kecil akan segera berlalu.

Berapa Banyak Telur yang Boleh Dimakan Per Hari?

Kendati demikian, jangan sampai rasa kasih sayang dan cinta yang teramat dalam menyebabkan kita jadi memanjakan anak-anak, membantu semua pekerjaan yang seharusnya dapat mereka atasi sendiri. Sebaliknya, sebagai orang tua kita mesti tegas mengajarkan buah hati disiplin diri sejak dini. Salah satunya dengan membiarkan mereka belajar berbenah dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Menurut American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, terdapat tiga poin penting yang berdampak positif bagi tumbuh kembang anak apabila mengajarkan mereka life skill berupa menyelesaikan pekerjaan rumah dan berbenah. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Suami Sudah Seharian Kerja, Haruskah Ikut Andil Mengurus Anak Juga?

1. Anak Mampu Mengatasi Masalah Hidup

Semakin beranjak dewasa anak-anak akan berhadapan dengan ujian hidup. Kita tidak bisa menganggap mereka sebagai bayi selamanya yang artinya berusaha kita bantu dalam segala hal dengan alasan sayang.

5 Poin Pujian Ini Bisa Menuntun Anak Sukses di Masa Depan, yuk Terapkan!

Pada kenyataannya mereka pasti mengalami kondisi tidak menyenangkan. Dan tugas kita sebagai orang tua adalah membekali mereka supaya bisa survive, bertahan di tengah arus kehidupan yang semakin banyak tantangan.

Anak-anak yang dibiasakan membereskan mainannya sendiri, merapikan tempat tidurnya sendiri, membersihkan kamar tidur dan meja belajarnya sendiri otomatis akan menanamkan kemandirian dan disiplin karena pengajaran orang tua yang luar biasa tersebut akan mampu membantu anak mengatasi masalah hidup mereka seperti rasa frustrasi dan kesulitan hidup lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title