Mengenal Fenomena Orange Juice Effect di Dunia Kerja, Marak Tapi Jarang Disadari!

Ilustrasi dunia kerja
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@fauxels

Orlet - Berbicara soal orange juice, pasti terbayang betapa segarnya jus jeruk dingin yang diminum kala dahaga menyerang. Nikmat sekali bukan?

Teruntuk Kamu yang Tumbuh Dewasa, Semakin Banyak Kekhawatiran

Namun, kalau soal orange juice effect di dunia kerja justru memiliki konotasi negatif. Dikutip dari laman instagram @habiskerjacom orange juice effect adalah fenomena dimana bagian kecil yang kurang bagus akan mempengaruhi output yang dihasilkan secara keseluruhan.

Logika sederhananya begini, misalnya untuk membuat jus jeruk yang enak diperlukan tujuh buah jeruk berkualitas. Apabila ada satu jeruk yang tidak bagus maka jus yang dihasilkan pun menjadi kurang sempurna alias tidak enak. Persis seperti kerja sama tim atau team work untuk mencapai sebuah tujuan yang menguntungkan maka keberadaan sumber daya manusia terbaik dan berkualitas harus dijadikan satu.

Viral Curhatan Soal Gen Z. Inilah 3 Sikap Kerja Gen Z Yang Dinilai Buruk. Pemalas Hingga Baperan

Akan tetapi, jika satu orang dalam tim tersebut tidak melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, bersiaplah hasil yang didapatkan atau output yang dihasilkan tidak akan maksimal.

Peristiwa semacam itu bisa terjadi dimana saja antara lain yakni di dunia kerja, organisasi, kelompok belajar, di institusi dan lain-lain.

5 Quotes Buku yang Wajib Banget Diketahui, Ada Favoritmu??

Barangkali ungkapan lainnya yang cocok ialah nila setitik rusaklah susu sebelangga. Ketika yang lain bekerja keras, berusaha mengerjakan tugasnya sebaik mungkin dengan mengharapkan hasil yang memuaskan namun rekannya justru menunda-nunda waktu, tidak memberikan seluruh kemampuannya, tidak berupaya mencurahkan seluruh tenaga dan pikiran demi tercapainya kesuksesan tim kerja maka bisa menyeret yang lain dalam permasalahan kinerja yang dianggap kurang bagus.

Terlebih lagi kalau sampai si orang yang kurang berkualitas ini menduduki posisi jabatan yang krusial misalnya bertindak sebagai manager yang memiliki wewenang untuk mengambil keputusan buat arah gerak tim. Sedangkan jika dilihat dari minim pengalaman dan ternyata secara kemampuan pun kurang bagus maka sudah pasti akan berdampak buruk pada output tim secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
img_title