6 Ciri-ciri Orang Tua yang Dewasa, Salah Satunya Tidak Memaksa Anak!

Ilustrasi orang tua dan anak
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@Anastasiya-Gepp-654466

Orlet - Tidak semua orang dewasa mampu menjadi orang tua yang bijaksana. Sering sekali mereka bertindak semaunya tanpa memikirkan perasaan anak dengan alasan kasih sayang, sehingga tanpa sadar justru perbuatan mereka cenderung mengekang hingga memaksa anak menjadi seperti apa yang mereka inginkan.

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Konsisten di Usia 25 Tahun

Padahal seharusnya orang tua hadir memberikan rasa aman dan nyaman untuk buah hati. Mendukung setiap langkah yang anak-anak kehendaki dengan tetap memberikan arahan agar mereka tidak salah jalan.

Disadur dari laman instagram @meaningful.me inilah enam karakteristik orang tua yang cukup berpikiran dewasa dalam mendidik anak-anak. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Bukan Rumah Mewan, Namun Pangkuan Dan Pelukan Ibu Tempat Terbaik Untuk Pulang

1. Mencintai Anak Tanpa Syarat

Anak tidak pernah bisa memilih dia harus terlahir dari siapa dan keluarga yang seperti apa. Kitalah yang memilih untuk memiliki mereka. Dan tugas kita sebagai orang tua tentu harus mencintai dan menyayangi mereka sepenuh hati tanpa syarat dan dalam kondisi apapun. Namun, bukan berarti kita boleh membela mereka jika berbuat kesalahan dan merugikan orang lain.

Sebelum Memaksakan Kehendak Kepada Sang Anak, Orangtua Juga Perlu Tahu Hal Ini!

2. Paham Anak Memiliki Jalan Hidup Masing-masing

Setiap bayi yang terlahir ke dunia ini membawa takdirnya masing-masing. Orang tua perlu berikhtiar dan berdoa supaya anak-anak mereka bernasib baik. Menuntun, mendidik, mengedukasi, membekali ilmu pengetahuan baik tentang dunia dan akhirat, memberikan pendidikan terbaik bagi buah hati menjadi bagian penting supaya anak-anak bisa menjadi orang berguna di masa depan. Paling tidak mereka menjadi manusia berakhlak mulia dan tidak kesulitan dalam menjalani kehidupan yang penuh lika-liku ini.

Halaman Selanjutnya
img_title