Hardinisa Syamitri, Rangkul Dukun Beranak Jadi Partner dan Sahabat Lansia di Pedalaman Luak Bega

Bidan Icha
Sumber :
  • Tagar.id/dok.Hardinisa Syamitri/Riki Chandra

Olret –Namanya Hardinisa Syamitri atau akrab di sapa Bidan Icha. Sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendapat mandat dari pemerintah sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan dengan ditugaskan untuk mengabdi di Jorong Luak Bega, Nagari Talang Anau, Kecamatan Gunuang Omeh, Limapuluh Kota, Sumatera Barat pada tahun 2006.

5 Tips Berpuasa Untuk Lansia, Puasa Lancar dan Kesehatan Aman

Sebuah kampung terpencil yang berpenghuni sekitar 500 jiwa dengan kondisi daerah tanpa listrik, sinyal telekomunikasi dan akses jalan yang cukup memprihatinkan. Selain jalan yang rusak, juga sangat becek jika turun hujan sehinga sulit untuk dilewati kendaraan.

Tantangan yang harus dilalui Bidan muda ini tidak hanya sebatas inspraturuktur yang tidak mendukung, namun juga datang dari masyarakat di pedalaman Luak Bega. Kehadirannya di Lubuk Lega tidak begitu disambut baik oleh masyarakat setempat bahkan dipandang aneh.

Inovasi Nurman Farieka, Ubah Limbah Ceker Ayam Jadi Sepatu Berkualitas Internasional

Bidan Icha adalah tenaga medis pertama yang ditempatkan di lokasi terisolir tersebut dimana masyarakatnya lebih memilih dukun untuk berobat dan melahirkan di dukun beranak. 

Bidan Icha

Photo :
  • Tagar.id//dok.Hardinisa Syamitri/Riki Chandra
Ahmad Hasyim Wibisono, Pelopor Perawatan Luka dengan Teknologi Modern Melalui Pedis Care

Tugas Bidan Icha cukup berat meyakinkan masyarakat jika kehadirannya bertujuan memastikan masyarakat mendapat  pelayanan medis yang memadai, membantu proses persalinan dan pengonatan warga sebagai perpanjang tangan Dinas Kesehatan Kabupaten LimaPuluh Kota.

Tak jarang Bidan Icha kadang menangis ketika ada warga yang melahirkan melewati rumahnya saja untuk memanggil dukun beranak, segala persoalan tentang kesehatan warga lebih memilih pergi ke dukun.

Halaman Selanjutnya
img_title