Andy Suryansah Ciptakan Alat Perangkap Nyamuk Berbasis UV dan Audiosonik untuk Cegah Demam Berdarah

Andy Suryansah
Sumber :
  • YouTube

OlretNyamuk adalah salah satu hewan yang bisa menyebabkan penyakit menular dan berbahaya bagi manusia, seperti malaria dan demam berdarah.

Inovasi Nurman Farieka, Ubah Limbah Ceker Ayam Jadi Sepatu Berkualitas Internasional

Bahkan, sebagian orang yang terjangkit demam berdarah atau malaria bisa membuat nyawa orang tersebut melayang.

Selain itu, meski tidak semua nyamuk membawa penyakit, tetapi kehadiran nyamuk memang sering mengganggu kenyaman manusia. Tak jarang, seseorang yang digigit hewan kecil ini bisa merasakan gatal-gatal hingga luka akibat garukan di kulit.

Ahmad Hasyim Wibisono, Pelopor Perawatan Luka dengan Teknologi Modern Melalui Pedis Care

Berangkat dari masalah ini, Andy Suryansah akhirnya mendapat ide untuk membuat alat perangkap nyamuk tapi tetap nyaman bagi orang sekitar. Karena seperti yang diketahui, meski saat ini telah banyak inovasi dan terobosan di perusahaan obat nyamuk, tetapi sebagian orang tetap merasa tidak nyaman dengan aroma obat nyamuk.

Ide, kreatifitas, dan kepeduliaannya pada masyarakat di kampungnya ini membuat Andy Suryansah meraih penghargaan SATU Indonesia Awards di tahun 2013 di bidang teknologi.

Putu Gede Wisnawa Sulap Peguyangan Bali Menjadi Ekowisata Seluas 115 hektar

Saat itu, pria yang akrab disapa Andy ini tidak ingin lagi melihat warga di kampungnya terkena demam berdarah. Ia tidak ingin penyakit berbahaya ini menyebar dan semakin menambah korban

Dengan berbekal ilmu saat menempuh pendidikan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya jurusan Teknik Komputer, ia akhirnya mengembangkan perangkat anti nyamuk untuk warga di kampungnya.

Halaman Selanjutnya
img_title