Jamaluddin, Tingkatkan Kualitas Petani Desa Lewat Pendidikan Literasi Melalui Rumah Koran

Jamaluddin, pendiri Rumah Koran
Sumber :
  • satu-indonesia.com

Olret – Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, merupakan wilayah yang memiliki potensi alam tinggi, khususnya di bidang pertanian.

Inovasi Nurman Farieka, Ubah Limbah Ceker Ayam Jadi Sepatu Berkualitas Internasional

Lahir dari keinginan untuk memajukan kualitas petani desa dan memaksimalkan potensi alam yang ada di daerahnya, Jamaluddin Daeng Abu kembali ke kampung halaman untuk mendidik anak-anak dan para petani agar lebih melek literasi dan memiliki ilmu yang cukup untuk mengelola lahan pertanian di daerah mereka yang melimpah ruah.

Pengabdian Pemuda Bangsa

Perjuangan Siti Salamah, Dari Pendidikan Hingga Kesejahteraan Bagi Pemulung

Mengutip dari rumahkoran.com, salah satu kendala atau masalah utama yang ditemui Jamaluddin untuk meningkatkan kualitas para petani di desanya yaitu, banyaknya petani yang masih buta huruf dan tidak melek literasi.

Kondisi masyarakat yang lebih memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan dan lebih memilih untuk bekerja, membuat sarjana lulusan Universitas Muslim Indonesia itu tergerak untuk mendirikan tempat belajar literasi yang ia beri nama Rumah Koran.

Menginspirasi Lewat Literasi, Irwan Bajang: Literasi Tak Sekedar Baca Buku

Menurut Jamaluddin, profesi apa pun memerlukan pendidikan dan ilmu dasar yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas. Tak terkecuali para petani.

Dengan mendidik para petani bagaimana cara mengolah lahan yang benar serta bagaimana memasarkan produk yang mereka miliki sesuai dengan perkembangan zaman, dapat meningkatkan tidak hanya kualitas produk tetapi juga kualitas hidup para petani di daerahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title