KBA Ngawun, Parsono dan Kawan Jadikan Tabeplast Forest Area Jadi Ikon Destinasi Ekowisata Alam

Tabeplast Forest Area (TFA)
Sumber :
  • bloktuban

Olret –Ketika melewati jalan di Jalan Raya Bojonegoro-Jatirogo Km 22, pelancong akan menemukan salah satu destinasi wisata di Parengan, Desa Ngawun, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban bernama Tablesflast Forest Area (TFA). 

Inovasi Nurman Farieka, Ubah Limbah Ceker Ayam Jadi Sepatu Berkualitas Internasional

Tabeplast Forest Area (TFA)

Photo :
  • bloktuban

Destinasi wisata berupa hutan edukasi yang sejuk nan adem. Sehingga membuat para pelancong merasa betah. Ditambah lagi, pengunjung juga bisa menjumpai keramahan warga sekitar yang berjualan.

Perjuangan Siti Salamah, Dari Pendidikan Hingga Kesejahteraan Bagi Pemulung

Di dalam TFA, terdapat sejumlah arena taman bermain anak, taman kelinci, taman baca, pasar jajanan tradisional mingguan sampai persinggahan gubuk gazebo bambu untuk sekedar istirahat keluarga.

Siapapun yang datang kesana mungkin tidak akan menyangka, jika tempat itu dulunya sering dijadikan tempat untuk aksi kejahatan pembegalan yang membuat pengendara enggan melewati jalur di Jalan Raya Bojonegoro-Jatirogo. 

Sukses Merintis Ekskul Robotika, Hendro Tak Berhenti Menularkan Semangat Lewat Pendidikan Robotika

Hingga tahun 2019, Parsono dan 3 orang kawannya, yaitu Sumartono (41), kini berporfesi pegawai bank, M Nursyamsudin (32) tenaga pendidik dan Toni (44) pekerja wiraswasta, berinisiatif menyulap lahan seluas 6 hektare itu agar menjadi tempat yang bermanfaat dalam bidang ekonomi, pendidikan dan lingkungan. 

"Di era 70 sampai 90-an marak (pembegalan). Bahkan sampai sebelum dibuka rest area masih tergolong rawan kejahatan. Alhamdulilah mulai 2019 paska adanya Tabeplast Forest Area berangsur kondusif lokasi sepanjang kawasan tersebut," ungkapnya kepada Viva Jatim, Rabu, 11 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title