Indonesia Mendapat Penghargaan Besar dari FIFA

Indonesia Mendapat Penghargaan Besar dari FIFA
Sumber :
  • istimewa

OlretTimnas Indonesia mendapat sejumlah besar poin dari FIFA usai menjalani dua laga mengejutkan berturut-turut di babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kiper Asal Argentina Itu Geram dan Langsung Menampar Kamera Usai Kalah Dalam Pertandingan

Indonesia mengukir sejarah dengan menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang berhak mengikuti babak ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Asia.

Di babak ini, pelatih Shin Tae Yong memiliki skuad yang sangat berkualitas dengan sederet pemain naturalisasi terkemuka seperti: kiper Maarten Paes, Justin Hubner, Calvin Verdonk, Jay Idzes atau Thom Haye.

Pada laga pembuka 5 September, Indonesia membuat kejutan besar dengan memaksa lawan kuat Arab Saudi bangkit untuk menyamakan kedudukan 1-1 di kandang sendiri.

Pelatih Shin Tae Yong: 'Timnas Indonesia akan terus berkembang'

Pada laga kedua tadi malam (10 September), tim Negeri Kepulauan Seribu terus membuat heboh dengan hasil imbang tanpa gol melawan Australia, tim peringkat 108 di atas FIFA (Indonesia peringkat 133, Australia peringkat 25 dunia).

Berkat prestasi impresif tersebut, Timnas Indonesia berhasil melaju signifikan di peringkat dunia (FIFA ranking).

Pertandingan Kuwait vs Irak, Siapa yang Paling Gagah?

Secara spesifik, berdasarkan perhitungan situs Football Ranking, Indonesia diperkirakan naik 4 peringkat (dari peringkat 133 menjadi 129 dunia) dan mendapat tambahan 15,45 poin sehingga total skor menjadi 1.124,15.

Secara khusus, hasil imbang dengan Arab Saudi membantu Indonesia memperoleh 6,88 poin dan naik 2 peringkat di peringkat FIFA (dari peringkat 133 menjadi peringkat 31 dunia).

Dan pada hasil imbang baru-baru ini dengan Australia, "Garuda Elang" terus mendapat tambahan 8,57 poin; terus bertambah 2 peringkat lagi hingga naik ke posisi 129 dunia.

Rencananya, Indonesia masing-masing akan bertemu Bahrain dan China pada laga berikutnya yang berlangsung pada 10 Oktober dan 15 Oktober. Ini akan menjadi kesempatan bagus bagi tim "Negeri Van Dao" untuk terus meningkatkan peringkatnya di ranking FIFA.

Pada laga yang digelar 15 November nanti, Indonesia akan menghadapi "raksasa Asia", Jepang. Meskipun mereka diremehkan, dengan bentuk dan kekuatan mereka saat ini, mereka benar-benar mampu memberikan kejutan.

Perkembangan lainnya, Timnas Vietnam baru saja menyelesaikan turnamen persahabatan internasional di Hari FIFA pada September 2024. Sayangnya, dua kekalahan beruntun melawan Rusia dan Thailand menyebabkan pasukan kaos merah dikurangi poinnya oleh FIFA dan diturunkan.