Dari Daerah Manakah Dukun Terkuat di Indonesia?

Bahaya Percaya Pada Dukun Pengganda Uang
Sumber :
  • freepik.com

Jakarta, OlretDukun merupakan salah satu profesi yang di geluti masyarakat Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai duku-dukun yang penuh dengan ilmu supranatural.

Hindarilah! 7 Kesyirikan yang Masih Sering Dianggap Tradisi dan Lumrah

Percaya atau tidak percaya urusan kamu seh. Namun di Quora. id selalu ada pembahasan yang menarik. Seperti kali ini ada pertanyaan tentang dari daerah manakah dukun terkuat di Indonesia?

Dari berbagai jawaban yang ada, mengutip pendapat yang sangat menarik yaitu pendapat dari Rawin Bedjo, pekerja serabutan yang suka ngojol. Berikut jawabannya yang membuat mimin tercengang.

15 Quote Drama Korea Uncle, Menyentuh Jiwa dan Hati

Saya bukan penggemar dukun. Hanya kebiasaan sebagai perantau, setiap pertama kali menginjakkan kaki di daerah baru, saya suka mencari tahu kearifan lokal daerah itu. Bagaimana sejarahnya, mitos dan adat istiadat agar saya tidak melakukan hal-hal yang menyinggung pemilik kawasan. Kebiasaan itu membuat saya suka sowan ke tokoh atau tetua adat setempat di kesempatan pertama.

Menganggap dukun Dayak paling sakti, awalnya saat saya di Banyuwangi yang kental dengan kisah mistis. Hasil ngobrol dengan seorang kyai di sana, saya dapat info, "ilmu santet di sini memang menakutkan, mas. Tapi masih kalah hebat dengan santet daerah Pangandaran…"

Twenty Five Twenty One Episode 3, Cinta Karena Harta Tak Bertahan Lama?

Ok, dukun Pangandaran lebih hebat.

Ndilalah, sekitar tahun 1999 saya bertugas di Pangandaran bertepatan dengan ramainya kasus pembantaian dukun santet di sana. Suasana mencekam, jalanan langsung sepi ketika hari mulai gelap, membuat saya ingat ucapan spiritualis Banyuwangi sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
img_title