Bolehkan Puasa Senin Kamis Saat Maulid Nabi?

Tips Menjalani Puasa Yang Sehat
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Hari kelahiran Rasulullah atau Maulid Nabi SAW di 2023 jatuh pada 28 September yang bertepatan dengan hari kamis. Dimana sebagian umat muslis ada yang terbiasa berpuasa di hari ini.

Isu Ustadz Solmed Hingga Ustadzah Oki Pasang Tarif Dakwah Mahal. Inilah Hukumnya Dalam Islam!

Lalu apakah puasa sunah kamis yang bertepatan dengan Maulid Nabi diperbolehkan dalam islam?

Melansir islampos, beberapa hari haramnya puasa adalah Idul Fitri (1 Syawal dan 10 Dhul-Hijjah); hari – hari tashreeq (11, 12, dan 13 Dhul-Hijjah); dan hari keraguan (hari terakhir Shaban), meskipun yang terakhiri masih menjadi perdebatan di antara para ulama.

Doa Tolak Bala, Baca Doa Rasul Ini Bila Mendapat Firasat Buruk

Puasa makruh yang lainnya adalah di hari Jumat saja atau Sabtu saja. Sehingga puasa di hari Maulid dianggap tercela atau tidak disukai jika terjadi di hari Jumat karena makruh untuk berpuasa di hari Jumat saja.

Hal ini sesuai Hadist Nabi yang diriwatkan Al-Bukhari dan Muslim:

15 Ucapan Maulid Nabi untuk Status WhatsApp, Facebook, dan Instagram

“Tidak seorang pun dari kalian yang boleh berpuasa pada hari Jumat kecuali dia berpuasa sehari sebelum atau sesudahnya.”

Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada amalan ibadah khusus saat Maulid Nabi dan bila ingin berpuasa di hari tersebut diperbolehkan tapi tidak memiliki tambahan pahala. Dalam artian sama seperti hari-hari pada umumnya, asal tidak berpuasa pada hari yang dilarang.

Halaman Selanjutnya
img_title