Legenda Lilith: Istri Pertama Adam Menurut Cerita Rakyat Yahudi

ilustasi
Sumber :
  • freepik

Olret – Menurut cerita rakyat Yahudi, Lilith adalah istri pertama Adam. Meskipun dia tidak disebutkan dalam Taurat, selama berabad-abad dia telah dikaitkan dengan Adam untuk mendamaikan versi Penciptaan yang bertentangan dalam kitab Kejadian.

Lilith dan Kisah Penciptaan dalam Alkitab

Tinggalkan Apapun yang Membuatmu Sedih, Karena Hidup Itu Pilihan

Dilansir dari learnreligions, Kitab Kejadian dalam Alkitab memuat dua kisah yang saling bertentangan mengenai penciptaan manusia. Kisah pertama dikenal sebagai versi Priestly dan muncul dalam Kejadian 1:26-27.

Di sini, Tuhan membentuk laki-laki dan perempuan secara bersamaan ketika teksnya berbunyi: “Maka Tuhan menciptakan manusia menurut gambar Tuhan, Tuhan menciptakan mereka laki-laki dan perempuan.”

Terima Kasih Tuhan Telah menghadirkan Teman Sebaik Dia Untuk Mewarnai Hariku

Kisah Penciptaan yang kedua dikenal sebagai versi Yahwistik dan ditemukan dalam Kejadian 2. Ini adalah versi Penciptaan yang paling dikenal oleh kebanyakan orang. Tuhan menciptakan Adam, lalu menempatkannya di Taman Eden.

Tidak lama kemudian, Tuhan memutuskan untuk menjadikan Adam sebagai pendamping dan menciptakan hewan-hewan di darat dan di langit untuk melihat apakah ada di antara mereka yang cocok menjadi pasangan bagi manusia.

5 Hal Yang Menurutmu Biasa Tapi Bikin Betah Menjomblo Tanpa Kamu Sadari

Tuhan membawa setiap hewan kepada Adam, yang kemudian menamainya sebelum akhirnya memutuskan bahwa hewan tersebut bukanlah “penolong yang cocok”. Tuhan kemudian membuat Adam tertidur lelap dan ketika manusia tertidur, Tuhan membentuk Hawa dari sisinya. Ketika Adam terbangun, dia mengenali Hawa sebagai bagian dari dirinya dan menerimanya sebagai temannya.

Halaman Selanjutnya
img_title