Islam, Hukum di Indonesia, dan Moral Memandang Kohabitasi atau Kumpul Kebo

Ilustrasi Pria dan Wanita Hidup Bersama
Sumber :
  • Pexels/cottonbro studio

OlretKohabitasi adalah situasi dimana dua orang yang belum menikah tapi sudah memutuskan untuk tinggal bersama. Di Indonesia sendiri, kohabitasi disebut sebagai "kumpul kebo".

4 Zodiak Yang Menjunjung Tinggi Prinsip Moral Dan Etika Dalam Hidup

Gaya hidup ini dilakukan sebagian orang agar lebih mengetahui dan mengenal pasangan sebelum menikah. Dengan tinggal bersama, mereka berharap bisa lebih tahu sifat, perilaku, dan gaya hidup calon pasangan sebelum mengikat janji agar terhindar dari hal-hal buruk pasca menikah.

Namun, benarkah kohabitasi benar-benar sebuah solusi?

8 Dosa yang Menjadi Penghalang Bertemu Jodoh

Melansir Instagram taulebih.id, kohabitasi bisa menimbulkan beragam resiko dari segi agama, hukum, sosial, hingga diri sendiri.

"Janganlah seorang laki-laki berkhalwat dengan seorang wanita (asing) kecuali bersama mahramnya," (HR. Bukhari dari Ibn. 'Abbas).

4 Zodiak yang Mengandalkan Hati Nuraninya untuk Menyelesaikan Situasi Sulit dalam Hidup

Hadist ini untuk melindungi umat muslim dari dosa besar zina karena bila dua orang lawan jenis berdua-duaan, maka setan bisa menjadi orang ketiganya.

Sementara menurut hukum di Indonesia dalam UU Nomor 1 Tahun 223 Tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 412 Ayat 1 dan 2, bahwa setiap orang yang hidup bersama sebagai suami dan istri diluar perkawinan bisa dipidana hingga paling lama 6 bulan atau denda hingga Rp10 juta.

Halaman Selanjutnya
img_title