Amalan Segunung Hancur Karena Riya, Begini Fakta dan Buktinya

Bahaya Sifat Riya
Sumber :
  • instagram

OlretRiya' atau dalam istilah yang lebih sederhana adalah beribadah karena ingin dipuji orang. Inilah penyakit yang menimpa orang-orang beriman. Penyakit yang sangat berbahaya bagi orang-orang yang beriman, bahkan lebih berbahaya dari Dajjal.

Sebelum Menyalahkan Takdir, Mungkin Ini Penyebab Jodoh Datang Terlambat

Rasulullah ﷺ bersabda,

“Maukah aku kabarkan kepada kalian sesuatu yang lebih tersembunyi di sisiku atas kalian daripada Masih ad Dajjal?” Dia berkata,”Kami mau,” maka Rasulullah berkata, yaitu syirkul khafi; yaitu seseorang shalat, lalu menghiasi (memperindah) shalatnya, karena ada orang yang memperhatikan shalatnya”. [HR Ibnu Majah, no. 4204, dari hadits Abu Sa’id al Khudri. Hadits ini hasan-Shahih at Targhib wat Tarhib, no. 30]

Mengapa demikian? Karena Riya' adalah penyakit khusus dan hanya menyerang hati orang-orang beriman terutama yang memiliki banyak amalan.

Bersabarlah Wahai Hati, Kelak Kamu Akan Bersama Dengan Orang yang Kamu Cintai

Ia sangat rentan terkena Riya'. Adapun Dajjal, hanya akan menghasut orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Adapun orang beriman in...sya Allah akan selamat darinya. Riya' juga membuat amalan segunung menjadi hancur, bahkan seorang yang mati di medan perang gagal memasuki surga karena Riya'.

Halaman Selanjutnya
img_title