Bukan Haram! Ini Hukum Membaca Al-Quran untuk Wanita yang Sedang Haid

Hukum Baca Al-Quran untuk Wanita yang Sedang Haid
Sumber :
  • Google Image

Olret – Hukum Baca Al-Quran untuk Wanita yang Sedang Haid. Wanita, makhluk Allah yang diberikan banyak sekali keistimewaan oleh sang Pencipta. Diantara keistimewaannya, wanita diberikan hak untuk 'libur'melaksanakan sholat dan puasa wajib selama 5-7 hari setiap bulannya. 

Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Usai Cetak Gol Kalahkan Korea Selatan

Masa 'libur' tersebut merupakan masa haid atau datang bulan. Pada masa ini, wanita akan mengeluarkan darah dari hasil luruhnya dnding rahim karena sel telur yang dikeluarkannya tidak dibuahi. 

Pada masa ini pula, wanita dianggap tidak suci karena pada tibuhnya ada sesuatu yang kotor atau najis. Oleh karena itulah, Allah memerintahkan setiap wanita yang sedang haid atau datang bulan untuk tidak melaksanakan sholat dan puasa. 

Yoon Chan Young, Pemeran Lee Cheong San di Drama Korea All Of Us Are Dead

Lantas, bagaimana dengan membaca Al-Quran? Mengingat salah satu rukun membaca Al-quran adalah dalam keadaan suci dari hadast besar maupun kecil. Apakah seorang wanita yang sedang haid juga dilarang untuk membaca Al-Quran?

Terkait hal ini para ulama terpecah menjadi dua sisi. Sisi pertama melarang wanita-wanita haid untuk membaca Al-Quran dan sisi ke dua membolehkannya. Kedua sisi tersebut pun memiliki dalil masing-masing. 

Batas Kuatmu Allah Selalu Tahu, Maka Bertahanlah Meski Saat Ini Menyakitkan

Agar lebih jelas, yuk simak pembahasan berikut ini!

{{ photo_id=65 }}

Halaman Selanjutnya
img_title