Tips Parenting; Mengajarkan Anak Sholat Sesuai Tahapan Usianya

Mengajarkan anak sholat
Sumber :
  • @okyarisandi

Olret –Orang tua mana sih yang tak bahagia, jika anaknya masih kecil udah rajin sholat? Harapannya tidak cuma saat masih kecil saja rajin sholatnya, tetapi anak-anak sadar akan ibadah sampai saat mereka dewasa juga.

4 Ciri Utama Pria Yang Pantas Jadi Ayah Dari Anak-anakmu Nanti

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Suruhlah anak kalian shalat ketika berumur tujuh tahun! Dan pukullah mereka ketika berusia sepuluh tahun (jika mereka meninggalkan shalat)! Dan pisahkanlah tempat tidur mereka (antara anak laki-laki dan anak perempuan)" -Hadits ini hasan, diriwayatkan oleh Abu Dawud.

Dirangkum dari kajian Ustadzah Imroatul Azizah Mutiara Hikmah 'Agar Anak Cinta Sholat', begini mengajarkan anak sholat sesuai tahapan usianya:

1. Mengajarkan Sholat Saat Anak Usia 3-5 Tahun

Sebelum Memaksakan Kehendak Kepada Sang Anak, Orangtua Juga Perlu Tahu Hal Ini!

Anak-anak muslim

Photo :
  • @okyarisandi

Pada usia ini jangan memaksa anak, jangan terlalu cepat menggegas anak untuk sholat. Lebih banyak memberi contoh karena di usia ini anak lebih banyak meniru. Metodenya biarkan anak sering melihat orang tuanya banyak menegakan sholat.

Semoga Tuhan Selalu Memberikan Kesabaran Bagi Anak Broken Home

Fase ini adalah pondasi untuk menumbuhkan 'kecintaan' sholat pada anak. Jangan sampai hanya karena anak takut dengan orang tuanya/gurunya, sehingga dia merasa terpaksa untuk sholat.

Halaman Selanjutnya
img_title