Perawan Lebih Utama Dari Janda, Ini Hadist Tentang Memilih Calon Pasangan

Pertanyaan Menyenangkan Tapi Penting Dengan Gadis
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Ternyata Islam juga tak tinggal diam dalam hal menentukan kriteria calon pasangan, ada banyak arahan yang diberikan kepada umat agar di kemudian hari setelah berjalannya kehidupan berkeluarga tidak timbul hal-hal yang membuat kecewa di antara masing-masing pihak.

1. Kebaikan Beragama Sebagai Kriteria Utama

5 Pertanyaan yang Pantang Kamu Tanyakan Saat Lebaran

Untuk poin ini sudah dibahas di artikel sebelumnya dan bisa kamu baca selengkapnya di sini.

a. Apakah Harus yang Hafal Qur’an?

Konotasi “Solih atau Solihah” sebenarnya bermakna luas, kata tersebut mengemas seluruh kebaikan dalam satu kata. Maka jika seorang wanita mendambakan calon pasangan yang Solih, sudah pasti dia harus laki-laki yang baik, santun, menjaga lidahnya, menjaga pandangannya, amanah, menjaga shalat, rajin sedekah, dan lain-lainnya.

Lebih Baik Ditinggalkan, Daripada Dipertahankan Tapi Serasa Diasingkan dan Tidak Dihargai  

Pemahaman bahwa makna konsisten menjaga agama adalah dengan menjadi penghafal al Quran ini yang kemudian menyempitkan makna kesalihan. Orang solih tidak selalu orang yang hafal Qur’an, bisa jadi dia adalah orang yang rajin bersedekah, baik kepada tetangga, jujur, menjaga shalatnya, tapi belum menghafal quran walau satu juz. Orang seperti ini masih masuk dalam kriteria orang yang menjaga agamanya dan layak untuk diperebutkan tentunya.

2. Perawan Lebih Utama Dari Janda

Halaman Selanjutnya
img_title