Supaya Puasanya Semakin Semangat, 5 Hikmah Puasa Ini Wajib Kamu Tahu

Cara membayar hutang puasa yang menumpuk bertahun-tahun
Sumber :
  • Unsplash

Olret – Umat muslim pasti menjalankan ibadah puasa ketika memasuki Bulan Ramadhan. Ibadah yang mewajibkan untuk menahan diri, lapar dan haus ini ternyata mempunyai banyak hikmah dan manfaat yang wajib kamu ketahui.

Bersabar Saja Dulu Atas Rencana Allah yang Masih Menjadi Rahasia

Apalagi di bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki diri dan ibadah. Memohon segala ampunan dan keberkahan dalam hidup. Karenanya, supaya kamu lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa. Yuk, cari tahu manfaat dan hikmah apa saja yang didapatkan saat menjalani puasa dengan maksimal.

1. Puasa Membuat Kamu Bisa Merasakan Apa Yang Orang Lain Rasakan Saat Kekurangan

Salah satu hikmah dari menjalani puasa adalah bisa merasakan kesusahan orang lain. Saat kamu menahan lapar dan haus itu bisa membentuk empati pada orang-orang yang selama ini membutuhkan dan kekurangan. Sehingga perasaan mengasihi dan berbagi pada orang lain juga akan tumbuh kuat.

5 Hal yang Harus Kamu Pahami Untuk Mengerti Bahwa Hidup Itu Bukan Melulu Cinta

Karenanya meski lapar dan haus tetap jalani puasa dengan semangat. Tak lupa lebih gencar berbagi pada yang membutuhkan, sebab kamu sudah tahu susahnya saat menahan lapar dan haus seharian.

2. Ramadhan Adalah Waktu Yang Tepat Untuk Muhasabah Diri

Waktu Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk lebih meningkatkan ibadah. Baik sholat ataupun membaca kitab suci Al Qur'an. Nah, saat kamu lebih banyak beribadah dan memohon ampunan. Secara tidak langsung, kamu juga mengingat kembali semua perjalanan hidup serta intropeksi diri.

Halaman Selanjutnya
img_title
Ingatkan Hatimu Bahwa Allah Selalu Adil Dan Memberi Yang Terbaik Kepada Hamba-Nya