Viral! Desain Bisnis dan Menu Usahanya Di Copi Paste. Netter Pro Kontra!

Desain Bisnis dan Menu Usahanya Di Copi Paste
Sumber :
  • tangkapan layar twitter

"Olret – Dalam dunia usaha, mencari inspirasi dengan pesaing memang hal yang biasa. Bukan hanya itu, mencari keunggulan pesaing juga menjadi hal yang biasa dan untuk memudahkan pengusaha bersaing secara sehat.

MU Mendapat Kabar Duka dari Mason Mount

Lantas bagaimana jika usaha yang kamu bangun dengan susah payah, meluangkan waktu maksimal demi konsep yang instagramble sampai harus melakukan apa pun yang terbaik. Namun setelah terkenal, malah ada beberapa orang dengan entengnya meniru konsep kamu tanpa izin. Lantas apa yang kamu rasakan? Sakit hati? Kecewa? Atau biarkan saja?

Nah, seperti itu lah yang yang dialami oleh seorang warganet yang menuliskan keluh kesahnya di twitter. Berikut ini isi cuitan lengkapnya yang di lansir olret dari akun twitter @m0lylim.

SPG Ini Diduga Dilecehkan Anggota DPRD Cirebon

Usai Ramai Vidio Es Teh Viral, Gus Miftah Temui Untuk Minta Maaf Ke Bapak Penjual Es Teh

"Mau curhat.. jd ada yg duplicate bisnis F&B gue & suami, Seporsi Mie Kari yg aslinya di Alam Sutera, doi duplicate buka di Jogja, namanya GoKari. Persis banget dari menu, desain interior, pemilihan jenis meja kursi lampu, pokoknya semuanya mirip"

"Sebenernya yg duplicate SEPORSI MIE KARI bukan cuma GoKari, tapi ada beberapa brand lain juga. Cuma sejauh ini si GoKari ini yg paling jauh. Dalam dunia F&B sebenernya sah2 aja kalo jadi followers ya. Cuma ternyata gw baru menemukan fakta kalau..."

"Sebelumnya juga ada yg duplikasi SEPORSI MIE KARI, lokasinya di Ponti, Sby, Tng juga ada. Tapi ga seMIRIP toko Jogja ini. Seporsi ini original recipe dari 0, detail n desain juga dipikirin bener2. Kalau terinspirasi silahkan, tapi mboh ya ada etika juga mengkopi bisnis org lain"

Pro Kontra Warganet

Cuitan tersebut pun langsung mendapatkan perhatian warganet dan viral di twitter. Pro kontra dalam balasan cuitannya pun banyak terjadi. Berikut beberapa komentar warganet.

"Ini casenya lebih ke Etika Bisnisnya. Cuma In case persaingan bisnis apalagi F&B bisa terjadi kemungkinan seperti ini Interior dan Bentuk menu sama.Cuma balik lagi di bisnis F&B Jika hal yg kita buat menarik pasti selalu aja ada followernya ibarat dimana ada gula disitu ada semut"

"Jahat banget tapi tuh. Etika bisnisnya gak ada. Yang udah daftar HAKI aja bisa di copy. Gimana umkm kayak kami yang masih belum mampu apa". Sedih sih.

"Bingung bgt yg normalisasi plagiat dan ngira owner nyari viral doang..  padahal resto aslinya jg punya 3 cabang yg artinya jg udah laris duluan lah"

Bagus dong kalau ada yang duplicate, means your idea and concept is validated, means you and your husband as founders are valid in ideation and design thinking

"Go explore more on the original idea and set what you can improve, dont get stuck on functionalities, (rasa enak, harga murah, etc) but how can you elaborate your customer emotional and social values into your business. If you can collaborate this, those followers cannot replicate"