9 Strategi Mudah Untuk Tingkatkan Metabolisme, Tubuh Pun Bugar!

Strategi Mudah Untuk Tingkatkan Metabolisme
Sumber :

Olret – Ada banyak pembicaraan tentang metabolisme dan dampaknya terhadap penurunan berat badan. Meskipun metabolisme adalah bagian penting dari tubuh Anda, ada banyak kebingungan tentang topik ini.

Misalnya, banyak orang percaya bahwa metabolisme Anda sepenuhnya bergantung pada gen Anda, dan sama sekali tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya.

Di sisi lain, beberapa orang mengatakan bahwa Anda dapat mengubah atau meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan dengan cepat dengan mengadopsi perubahan gaya hidup.

Pengertian Metabolisme

Pengertian Metabolisme

Pengertian Metabolisme

Photo :
  • -

Metabolisme adalah istilah umum yang menggambarkan semua reaksi kimia di dalam organisme hidup yang membantunya tetap dalam kondisi hidup. Anda dapat mendefinisikannya sebagai bagaimana tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi.

Ini adalah proses kompleks di mana kalori digabungkan dengan oksigen untuk melepaskan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sesuai penelitian, metabolisme berbeda dari orang ke orang dan tergantung pada berbagai faktor seperti:

Genetika: Genetika Anda sangat menentukan metabolisme Anda.
Usia: Orang yang lebih muda memiliki metabolisme yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang lebih tua. Rata-rata BMR menurun 2 persen setiap dekade setelah usia 20 tahun.

  • Jenis Kelamin: Rata-rata, pria memiliki metabolisme yang lebih baik daripada wanita.
  • Pembentukan tubuh: Tingkat Metabolisme Basal (BMR) Anda cenderung meningkat seiring dengan tinggi dan berat badan.
  • Anda juga akan memiliki BMR yang lebih tinggi jika Anda memiliki lebih banyak otot dan lebih sedikit lemak.
  • Tingkat aktivitas fisik: Semakin banyak Anda melakukan aktivitas fisik, semakin baik metabolisme Anda.

Metabolisme dapat dibagi menjadi dua kategori:

  • Katabolisme: Penguraian molekul makanan yang digunakan untuk memperoleh energi.
  • Anabolisme: Sintesis senyawa yang dibutuhkan sel.

Metabolisme umumnya diukur dalam hal Basal Metabolic Rate (BMR). Ini mengacu pada jumlah minimum kalori yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melakukan fungsi-fungsi penting saat beristirahat.