7 Tips Menata Ruang Kerja Supaya Semakin Nyaman dan Produktif

Ruang kerja pribadi
Sumber :
  • https://www.freepik.com/

Olret –Buat kamu yang bekerja dari rumah, atau membawa pekerjaan ke rumah. Biasanya memiliki ruangan khusus yang difungsikan untuk bekerja. 

Nah, ternyata kondisi dan penataan ruang kerja juga bisa mempengaruhi kenyamanan juga mood bekerja. 

Karena itu, biar semakin produktif dan nyaman berlama-lama di ruang kerja. 7 Tips penataan ini bisa kamu coba. 

1. Pilih Ruangan Kerja Tertutup

Pertama pilihlah ruang yang tertutup dan jauh dari kebisingan. Hal ini supaya kamu bisa fokus dan tenang ketika bekerja nantinya. Konsentrasi dalam bekerja adalah hal yang sangat penting. Dan sedikitpun gangguan dapat membuat pikiran terganggu dan fokus hilang. 

2. Ruangan Kerja Berhadapan Dengan Pemandangan Yang Bisa Memanjakan Mata 

Bekerja di depan laptop maupun kertas, pasti membuat mata merasa cepat lelah. Nah, berikan suasana yang berbeda di ruang kerjamu dengan menampilkan pemandangan yang bisa memanjakan mata. 

Kamu bisa membuat ruang kerja berhadapan dengan balkon, kolam renang atau taman. Sehingga saat mata butuh istirahat dan refreshing, pemandangan tersebut akan sangat membantu. 

3. Pajang Lukisan Dan Tempatkan Foto Atau Pot Bunga 

Untuk membuat suasana ruang kerja hidup, kamu bisa memajang lukisan di dinding ruang kerja. Di Meja kerja, kamu bisa menaruh hiasan pot bunga atau foto personal/keluarga untuk menambah semangat. 

3. Taruh Perabotan Di Sudut Ruangan 

Jika kamu memerlukan perabotan seperti sofa atau meja di ruang kerjamu. Kamu bisa menaruhnya di sudut ruangan. 

Jika perabotnya diletakkan menumpuk di sekitar area bekerjanya, maka sangat mengganggu karena seperti menunjukkan terdapat orang-orang yang berkerumun di sekitar mereka. 

4. Menaruh Meja Di Depan Jendela Yang Terbuat Dari Kaca. 

Beberapa orang percaya jika menaruh meja kerja di hadapan jendela kaca juga akan semakin meningkatkan kreativitas. Selain itu, meja kerja akan mendapatkan pencahayaan yang cukup dari luar. 

Kamupun bisa melihat suasana luar rumah saat bekerja, tanpa orang luar sadar sedang kamu awasi. 

5. Cat Dinding Netral Akan Membuat Suasana Lebih Tenang.

Soal warna dinding ruang kerja sebenarnya kembali ke selera masing-masing. Tapi, dipercaya jika warna-warna netral dan kalem akan membuat pikiran lebih tenang dan fokus  

Sedang warna cerah akan mendistraksi pikiran sehingga menganggu produktifitas dan konsentrasi. 

6. Jauhkan Dari Benda Elektronik Yang Bersuara Bising 

Beberapa benda eletronik yang bisa mengeluarkan suara bising sebaiknya jangan dimasukkan ke ruang kerja. Sebab hal itu akan menganggu konsentrasi. 

7. Gunakan Peredam Suara 

Untuk lebih memaksimalkan ketenangan. Menggunakan peredam suara juga bisa dianjurkan. 

Seperti, karpet tebal, gorden panjang, atau bahan tekstil kedap suara yang bisa dilapiskan ke dinding.