5 Kebiasaan Bikin Miskin Tujuh Turunan, Masih Mau Melakukan?

Ilustrasi kesulitan ekonomi
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@karolina-grabowska

Olret – Hati-hati dengan kebiasaan buruk yang kita lakukan setiap hari. Jika tak segera berubah, bisa menjadi bumerang bagi kehidupan kita dimasa yang akan datang. Seperti tidak mempersiapkan sejak dini perihal kemapanan finansial.

Terdapat lima hal yang kami sadur dari akun instagram @bizhare.id, yang mana bila terus kita pertahankan sangat berpotensi besar menyebabkan rantai kemiskinan terus berputar dalam lingkaran keluarga kita. Apa sajakah hal tersebut, yuk kita bahas.

1. Ketergantungan Utang

Jangan mengandalkan utang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selagi masih sehat dan mampu berusaha mencari rezeki berjuanglah sekeras, seikhlas dan secerdas mungkin. Jika terpaksa berhutang maka sesuaikanlah dengan kemampuan untuk mengembalikannya. Jangan biasakan gali lubang tutup lubang. Ketergantungan utang malah bikin hidup kita sengsara. 

 2. Enggan Menabung

Jadikan menabung sebagai hal yang wajib dilakukan. Sekecil apapun nominalnya jika dikumpulkan sedikit demi sedikit dalam waktu yang lama akan terlihat hasilnya. Dengan mempunyai tabungan, kita mampu survive menghadapi masa sulit seperti misalnya kehilangan pekerjaan, di PHK dan lain sebagainya.

3. Malas dan tidak Produktif