Mengapa Branding Penting untuk Sebuah Bisnis?
- freepik
Olret – Hal yang kita ketahui tentang suatu produk atau jasa yang kita gunakan adalah karena branding. Ini adalah tautan penting yang menghubungkan perusahaan dengan pelanggan dan pelanggan dengan perusahaan.
Saat ini, branding merupakan suatu keharusan bagi setiap startup, baik perusahaan kecil maupun besar. Jika Anda bertanya apa itu branding, kami dapat menjelaskannya sebagai praktik pemasaran di mana suatu perusahaan menciptakan nama, logo khusus, atau desain yang dapat dibedakan oleh perusahaan tersebut.
Branding membantu mengidentifikasi suatu produk dan membedakannya dari berbagai produk dan layanan lainnya. Apakah branding itu penting? Ya, karena branding tidak hanya meninggalkan kesan yang berkesan bagi pelanggan, namun juga memungkinkan pelanggan mengetahui apa yang dapat mereka harapkan dari merek Anda. Tidak jelas? Mari kita pahami branding secara detail beserta pentingnya branding.
Ini adalah metode untuk membedakan diri Anda dari pesaing dan memperjelas apa yang Anda tawarkan yang menjadikan Anda pilihan yang tepat. Merek Anda adalah representasi sebenarnya dari Anda sebagai sebuah bisnis dan bagaimana Anda ingin memajukannya.
Ada beberapa bidang yang terlibat dalam pengembangan branding. Ini adalah layanan pelanggan, periklanan, reputasi, logo, dan barang dagangan promosi.
Semua elemen ini bekerja sama untuk menciptakan satu profil profesional yang unik dan (semoga) menarik perhatian. Beberapa dekade yang lalu, branding dijelaskan sebagai slogan, nama, simbol, desain, atau tanda, atau kombinasi dari semua elemen tersebut, yang mengklasifikasikan satu perusahaan, produk, atau layanan dari perusahaan, produk, atau layanan lainnya.
Saat ini, branding merupakan hal yang kompleks dan bahkan lebih penting. Tidak meyakinkan? Pentingnya branding yang dibahas di sini akan mengubah pemikiran Anda.
Apa yang Harus Dilakukan Perusahaan Untuk Branding mereka?
Branding bukan sekadar membuat target pasar memilih Anda dibandingkan kompetitor. Ini juga tentang membuat prospek melihat Anda sebagai satu-satunya penyedia solusi terhadap kebutuhan atau masalah mereka.
Dengan cara ini, branding adalah pemecah masalah. Identitas merek yang baik harus:
- Sampaikan pesan dengan jelas
- Konfirmasikan kredibilitas perusahaan di pasar
- Mendorong pembeli untuk melakukan pembelian
- Terhubung dengan prospek sasaran secara emosional dengan produk atau layanan
- Kembangkan loyalitas pengguna
Branding dan Mengenal Pelanggan Anda
Agar sukses dalam branding, Anda harus memahami persyaratan dan keinginan prospek dan pelanggan Anda. Anda dapat mencapai hal ini dengan menggabungkan pedoman merek Anda di seluruh perusahaan pada setiap titik kontak publik.
Pertimbangkan untuk melakukan branding sebagai pribadi. Bayangkan orang ini menjelaskan siapa dirinya, mengapa dia penting, dan apa yang dia tawarkan.
Saat pelanggan mulai mengidentifikasi Anda, merek Anda akan hidup di hati dan pikiran pelanggan, prospek, dan klien, dan mereka akan terhubung satu sama lain pada tingkat emosional.
Dalam bahasa sederhana, ini adalah pernyataan kecil tentang siapa Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk seseorang. Ketika Anda menemukan metode untuk merangkum seluruh janji perusahaan Anda tentang bagaimana rasanya bekerja dengan Anda dan apa manfaatnya bagi mereka dalam beberapa kata kecil yang emosional, Anda telah menemukan merek Anda.
Sederhana, bukan? Jadi, Anda pasti berpikir lalu mengapa branding itu penting? Kenapa kita malah membahasnya padahal itu hal yang mendasar?
Karena banyak orang yang menghadapi masa sulit saat melakukan kedua hal tersebut. Banyak perusahaan tidak dapat secara ringkas memberi tahu Anda tentang apa yang mereka lakukan, siapa target audiensnya, dan apa tujuan mereka melakukannya.
Orang tidak mencobanya. Mereka menyerah. Sederhana!
Meskipun branding mungkin tampak sederhana dan Anda mungkin berpikir bahwa Anda dapat melakukannya nanti ketika Anda memiliki cukup waktu untuk melakukannya, bayangkan apa yang akan Anda peroleh dengan melakukannya dengan cara yang benar sekarang.
Mesin branding yang jelas, benar, dan selaras akan membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya. Ini mempengaruhi lebih dari sekedar penjualan. Strategi branding yang baik akan membentuk kembali apa yang Anda, pelanggan, investor, dan karyawan Anda pikirkan tentang organisasi Anda.
Merek yang baik menyampaikan cerita yang jelas
Organisasi dengan cerita yang jelas memiliki nilai yang tinggi di mata pelanggan dan investor. Perusahaan dengan cerita yang jelas memiliki karyawan yang memahami apa yang mereka lakukan dan alasan di balik melakukannya.
Perusahaan dengan cerita yang jelas dapat menggerakkan emosi masyarakat, yang berperan penting dalam menggerakkan penjualan. Semua orang ingin bekerja di perusahaan yang melakukan hal-hal hebat dan hal-hal hebat adalah hal-hal yang mudah dan sederhana untuk dipahami.
Gabungkan semua ini dan Anda dapat menghasilkan uang nyata untuk merek Anda. Pada akhirnya, seperti yang telah dibahas sebelumnya, tampaknya tidak ada seorang pun yang tertarik membeli barang-barang yang tidak mereka pahami.
Merek Menjelaskan “Anda” dalam Bisnis Anda
Bagi pemula, branding adalah sesuatu yang lebih dari sekadar rangkaian warna yang berkilau. Ini mencakup semua hal yang Anda lakukan atau klaim sebagai bisnis—bahkan jika merek Anda adalah tentang Anda.
Merek Anda adalah total persepsi, pengalaman, dan gagasan klien Anda. Ini adalah kepribadian, wajah, dan nilai-nilai yang dianut oleh merek Anda- dan semua hal di antaranya.
Lebih penting lagi, setiap bagian dari bisnis Anda – apakah itu profil media sosial Anda, nada email Anda, atau cara Anda menyajikannya, memasarkan dan memberikan layanan – memegang esensi merek Anda dan menyampaikan pesan mutlak tentang seberapa besar rasa hormat yang Anda miliki terhadap bisnis Anda.
Selain itu, merek Anda mewakili siapa Anda, apa yang Anda yakini, dan bagaimana Anda ingin audiens melihat Anda. Oleh karena itu, identitas merek dikatakan memainkan peran penting dalam sebuah organisasi.
Apa yang harus dicapai oleh merek Anda?
Saat ini, para pengubah permainan telah memahami bahwa branding tidak lagi dapat dianggap sebagai media untuk menarik prospek agar memilih Anda di seluruh kompetisi.
Tujuan Anda adalah membuat mereka melihat Anda sebagai pemimpin pengaruh/pemikiran yang dapat diandalkan, yang menargetkan permasalahan atau kebutuhan mereka dengan penuh kepandaian dan mudah-mudahan, lebih baik dari orang lain. Terhadap tema utama ini, merek Anda harus mencapai tujuan berikut:
- Sampaikan pesan secara ringkas dan jelas
- Tegaskan kembali kepercayaan Anda
- Ciptakan hubungan emosional dengan audiens Anda
- Menghasilkan loyalitas dan niat baik
- Dorong calon pelanggan Anda untuk membeli atau mengambil langkah berikutnya
Merek Tunjukkan Niat Anda
Pencitraan merek menunjukkan pernyataan berani yang dibuat oleh merek Anda. Ini memberi tahu pelanggan Anda bahwa Anda serius dan siap menepati semua jaminan yang dibuat oleh organisasi Anda.
Segala sesuatu yang dicontohkan oleh perusahaan Anda harus mudah diidentifikasi di seluruh merek. Jika tidak, pelanggan Anda akan dengan cepat melihat kesenjangan antara apa yang dijanjikan dan apa yang akhirnya diberikan.
Kesenjangan ini dapat menjadi bencana besar tidak hanya bagi kesadaran merek Anda tetapi juga bagi kesejahteraan bisnis Anda secara keseluruhan. Artinya, jika Anda enggan mendukung niat Anda dengan tindakan yang tepat, sebaiknya Anda tidak menggabungkannya di perusahaan Anda.
Pencitraan Merek Melampaui Transaksi Biasa
Keunggulan merek adalah tidak terbatas pada apa yang terjadi sebelum pelanggan melakukan pembelian.
Faktanya, hal ini lebih berkaitan dengan jenis pengalaman yang diberikan kepada pelanggan Anda di berbagai titik kontak di seluruh perjalanan mereka, terutama setelah transaksi bisnis.
- Apakah kualitas suatu produk sebaik yang Anda jamin?
- Apakah ia mampu memenuhi tujuan yang seharusnya?
- Bagaimana pengalaman layanan pelanggan secara keseluruhan?
Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda memberi diri Anda kesempatan untuk mengembangkan basis audiens setia yang berharap dapat mempercayai Anda.
Selain itu, ini juga memungkinkan Anda menyelaraskan strategi branding dengan tujuan bisnis Anda dengan mudah. Faktanya, semakin banyak bisnis yang menyadari pentingnya branding dalam periklanan.
Pertanyaan yang Harus Anda Ajukan Sebelum Memberi Branding pada Organisasi Anda
Jika kita akan membahas pentingnya branding, kita harus memastikan bahwa kita mengetahui apa itu branding dan apa yang bukan.
Bayangkan logo Anda sebagai tanda tangan, alat pengingat steno, lambang yang Anda tanamkan di hati klien Anda. Aturan penting pertama tentang branding adalah branding harus asli.
Ingat, Anda tidak bisa menjual kebohongan. Mungkin hal ini akan berhasil untuk sementara waktu, namun jika Theranos dan Elizabeth Holmes telah mengajarkan kita sesuatu, maka membangun sebuah organisasi dengan memberikan janji yang berlebihan dan memberikan hasil yang terbaik akan menghasilkan pengalaman pelanggan yang buruk dan, dalam kasus yang ekstrim, menghasilkan hasil yang buruk. dalam investigasi penipuan.
Jadi, bahkan sebelum Anda mulai mengidentifikasi atau mendefinisikan ulang merek Anda, pastikan Anda memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang disebutkan di bawah ini: